Wajib Tahu, Ini Arti dan Makna Hari Perempuan Internasional

Rabu, 08 Maret 2023 - 05:06 WIB
loading...
Wajib Tahu, Ini Arti dan Makna Hari Perempuan Internasional
Arti dan makna Hari Perempuan Internasional wajib diketahui masyarakat luas, terutama kaum wanita. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Arti dan makna Hari Perempuan Internasional wajib diketahui masyarakat luas, terutama kaum wanita. Tahun ini, perayaan International Woman's Day ini akan jatuh pada hari ini, Rabu (8/3/2023).

Hari Perempuan Internasional ini juga menjadi momen di mana para wanita bisa menyuarakan pendapat dan hak-haknya. Berbagai kegiatan pun bisa dilakukan untuk turut memeriahkan momen Hari Perempuan Internasional ini.

Dilansir laman resmi IWD, Hari Perempuan Internasional merupakan hari global yang merayakan pencapaian sosial, ekonomi, budaya dan politik perempuan.

Baca juga: 4 Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan dalam Memperingati Hari Perempuan Internasional

Momen tersebut juga menandai ajakan bertindak untuk mempercepat kesetaraan gender. Aktivitas signifikan disaksikan di seluruh dunia saat kelompok-kelompok berkumpul untuk merayakan pencapaian atau aksi perempuan untuk kesetaraan gender.

Di tahun 2023, Hari Perempuan Internasional akan mengangkat tema Embrace Equity.

Kampanye ini bertujuan untuk mendorong pembahasan penting tentang mengapa peluang yang setara tidak cukup dan mengapa kesetaraan gender tidak selalu adil.

Selain itu, Hari Perempuan Internasional juga ditandai dengan lambang warna-warna ciri khas. Ungu, hijau dan putih adalah warna Hari Perempuan Internasional. Ungu menandakan keadilan dan martabat, dan setia pada penyebabnya.

Hijau melambangkan harapan. Putih mewakili kemurnian, meskipun konsepnya kontroversial. Warna tersebut berasal dari Women's Social and Political Union (WSPU) di Inggris pada 1908.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0998 seconds (0.1#10.140)