Pentingnya Peran Orang Tua untuk Awasi Aktivitas Online Buah Hati demi Wujudkan Dunia Daring Ramah Anak

Minggu, 19 Maret 2023 - 01:28 WIB
loading...
A A A
“Bahkan orang tua yang kurang terlibat dalam mengawasi apa yang dilakukan anak mereka secara daring, bisa menjadi pemicu keterlibatan anak dalam perilaku perundungan online. Jika dibiarkan, dampak perundungan online bisa memengaruhi anak hingga usia dewasa, baik bagi pelaku maupun korban,” terang Putu.

Menurut Putu, perundungan online bisa memengaruhi bagaimana anak mempersepsikan dirinya dan dunia di sekitar. Persepsi ini tidak hanya terbentuk dari satu kejadian perundungan online yang dialami, namun bisa juga dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti pemberitaan yang tidak ramah anak.

Sebagai bagian dari gerakan global, CFI senantiasa membawa arahan strategis guna mengatasi isu-isu akibat perubahan dunia yang cepat, dengan meningkatkan kolaborasi orang tua, tenaga pendidik, dan media dalam mewujudkan dunia ramah anak.

“Salah satu isu yang menjadi arah strategi ChildFund Internasional tahun ini adalah perlindungan anak dan orang muda di dunia daring. Ini tentu membutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak, khususnya orang tua, tenaga pendidik, dan media. Untuk itu CFI menghadirkan berbagai program pelatihan dan edukasi guna meningkatkan kesadaran, pemahaman, dan literasi orang tua, tenaga pendidik serta jurnalis soal melindungi anak dan remaja dari perundungan online,” pungkas Reny.
(tsa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2855 seconds (0.1#10.140)