Kemenkes Bakal Persiapkan Fasyankes di Jalur Mudik Lebaran 2023

Jum'at, 31 Maret 2023 - 08:46 WIB
loading...
Kemenkes Bakal Persiapkan Fasyankes di Jalur Mudik Lebaran 2023
Menyambut mudik Lebaran 2023, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan akan mempersiapkan fasilitas layanan kesehatan di setiap jalur mudik. / Foto: ilustrasi/Kemenkes
A A A
JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan akan mempersiapkan fasilitas layanan kesehatan di setiap jalur mudik. Persiapan tersebut dilakukan dalam menyambut mudik lebaran 2023 .

Fasyankes yang dipersiapkan Kemenkes yakni posko-posko kesehatan yang memberikan layanan pengecekan kesehatan dan Covid-19, serta obat-obatan.

Dalam penyediaan fasilitas tersebut, Kemenkes akan menggandeng sejumlah pihak, seperti Kementerian Perhubungan, TNI dan Polri.



"Yang pasti fasilitas pelayanan kesehatan ya. Seperti biasa kalau mudik kita menyiapkan fasyankes ya, baik rumah sakit maupun puskesmas di jalur-jalur mudik. Kalau bukan terkait Covid ya misalnya pusing atau misalnya butuh pemeriksaan tekanan darah tinggi," terang Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, kepada wartawan di Jakarta, Kamis, 30 Maret 2023.

"Jadi bukan karena antisipasi Covid, tetapi tiap arus mudik kita selalu menyiapkan posko itu. Tetapi di sisi lain, tentunya rumah sakit-rumah sakit untuk penanganan kasus Covid-19, kita juga lakukan persiapan untuk memastikan tempat tidur pasien Covid," bebernya.

Lebih lanjut, dr. Nadia menambahkan, apabila dibutukan perawatan, pihaknya juga sudah menyiapkan, seperti PCR untuk pemeriksaan, reagen, obat, ventilator, hingga oksigen.

Sebelumnya, detail untuk aturan mudik 2023 hingga saat ini masih belum ditentukan. "Saya kira syarat mudik belum ada, belum ditentukan. kita tunggu saja ya," ungkap Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dr. Maxi Rein Rondonuwu.



Pada tahun lalu, pemerintah menyediakan sejumlah aturan mudik lebaran, baik jalur darat, laut dan udara. Hal itu diatur guna mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 pasca mudik lebaran.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1664 seconds (0.1#10.140)