Pesulap Merah Sebut Patah Tulang Dapat Sembuh Sendiri, Ini Penjelasan Kemenkes

Senin, 10 April 2023 - 14:26 WIB
loading...
Pesulap Merah Sebut Patah Tulang Dapat Sembuh Sendiri, Ini Penjelasan Kemenkes
Pesulap Merah menyebut patah tulang dapat sembuh sendiri. Pernyataan pemilik nama asli Marcel Radhival ini menyoroti Ida Dayak yang mengobati berbagai penyakit. Foto/tangkapan layar kanal YouTube Pesulap Merah
A A A
JAKARTA - Pesulap Merah menyebut patah tulang dapat sembuh sendiri. Pernyataan pemilik nama asli Marcel Radhival ini menyoroti Ida Dayak yang disebut sakti lantran bisa mengobati berbagai macam penyakit.

Melalui kanal YouTube pribadinya, Pesulap Merah mengatakan Ida Dayak bisa mengobati patah tulang karena ilmu tersebut bisa dipelajari. Dia bahkan menyamakannya dengan Haji Naim yang dikenal mahir mengatasi patah tulang dengan metode urut.

"Jadi bukan karena efek minyaknya, tapi memang sistem tubuh kita. Tulang kita bisa mereparasi dirinya sendiri, bisa memperbaiki dirinya sendiri, bisa menyambung dengan sendirinya," kata Pesulap Merah dikutip dari kanal YouTube Pesulap Merah Official (10/4/2023).

"Bukan karena minyak tertentu, bukan karena minyak sakti dari satu wilayah tertentu. Bukan, ya," sambungnya.



Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menjelaskan bahwa patah tulang adalah kondisi terputusnya atau diskontinuitas jaringan tulang dan lapisan pembungkusnya. Patah tulang bisa disebabkan karena jatuh, tertindas, terbentur keras, atau karena faktor lainnya.

Senada dengan Pesulap Merah, Kemenkes menyebut patah tulang bisa sembuh sendiri. Ini karena di dalam rongga batang tulang terdapat pembuluh darah yang memberi nutrisi, sumsum tulang, serta stem cell (sel punca) yang membentuk sel-sel tulang.

"Bila ada sel tulang yang mati, maka di dalam rongga terjadi regenerasi tulang. Karena itulah tulang yang patah pada bagian ini akan sembuh dengan sendirinya," jelas Kemenkes melalui situs resminya.

Meski demikian, patah tulang bisa sembuh sendiri jika kasus ringan. Selain itu, pasien patah tulang tetap harus menjalani pemeriksaan ke dokter orthopaedi dan traumatologi untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2235 seconds (0.1#10.140)