Aksi Bikin Onar Yudo Andreawan di Tempat Umum, Apa Kata Ahli Kesehatan Mental?

Jum'at, 14 April 2023 - 10:31 WIB
loading...
A A A
Psikolog yang bisa disapa Mei ini menduga jika Yudo punya masalah tersebut, dan akan sangat membahayakan orang lain jika dia masih berkeliaran bebas.

"Kasus seperti Yudo ini umumnya melakukan sesuatu tidak dalam kondisi sadar, dia bakal mengejar sesuatu sampai memperoleh apa yang diinginkan," kata dia.

"Tapi, setelah diperoleh juga belum tentu puas. Bisa jadi hanya sesaat kepuasannya dan akan enggak realistis lagi selanjutnya," lanjut Mei.

Menurut Mei, obsesif itu kan pikiran, ide, atau impuls yang terus menerus muncul dan tidak terkendali dalam benak seseorang.

"Pikiran yang muncul ini tidak diinginkan oleh penderita, bahkan terkadang penderita menyadari bahwa pikiran itu enggak masuk akal dan sangat mengganggu," ujarnya.

"Itu bisa sangat melelahkan dan mengganggu si penderita sendiri," imbuhnya.

Perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk menegakkan diagnosis Yudo. Karena itu diperlukan perawatan khusus, terlebih pria tersebut melakukan banyak keonaran di tempat umum.



"Apakah dia benar mengalami gangguan mental atau cuma cari perhatian, itu akan ketahuan dari pemeriksaan ahli," pungkas Mei.
(nug)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2428 seconds (0.1#10.140)