2 Kuil di Jepang dengan Tradisi Unik Tahun Baru

Selasa, 29 Desember 2015 - 00:26 WIB
2 Kuil di Jepang dengan Tradisi Unik Tahun Baru
2 Kuil di Jepang dengan Tradisi Unik Tahun Baru
A A A
TOKYO - Jepang memiliki tradisi yang unik saat perayaan Tahun Baru, yakni mengenai pengalaman pertama. Dalam hal ini paling penting "pertama" dari mereka semua adalah kunjungan utama ke kuil di tahun baru. Tradisi ini diberi nama hatsumōde.

Hatsumode sendiri adalah kunjungan pertama ke kuil Buddha atau kuil Shinto pada awal tahun baru di Jepang. Kunjungan dilakukan untuk berdoa memohon kedamaian untuk tahun yang baru.

Pada zaman sekarang, hatsumōde mulai dilakukan orang selepas detik-detik pergantian tahun.

Menjelang pergantian tahun, orang-orang bahkan sudah antri di depan menunggu pintu gerbang dibuka sejak kuil-kuil Buddha mulai membunyikan genta tahun baru (joya no kane).

Meskipun hal ini dapat dilakukan setiap saat, tapi biasanya dilakukan dalam tiga hari sebelum tahun baru. Tapi yang paling bagus adalah saat pertengahan malam di tanggal 31 Desember.

Sebab, banyak masyarakat yang akan berkumpul untuk mendengar membunyikan lonceng kuil dan berdoa untuk yang baik, sehat dan sukses tahun baru.

Selain berbagai kegiatan keagamaan, ada juga banyak peristiwa budaya di Tokyo pada pergantian tahun. Mengutip Japan Today, berikut kuil yang biasa dikunjungi
saat tahun baru di Jepang:

Teras Kuil Sensoji di Jepang (cheapoguides.com)

1. Kuil Meiji Jingu
Sebagai salah satu dari tiga kuil utama di Jepang, atau tepatnya sebuah kuil Shinto yang ada di daerah Shibuya Tokyo. Kuil Meiji Jingu adalah tempat yang paling populer untuk melakukan hatsumōde di Tokyo.

Kuil ini menarik lebih 3,1 juta orang selama tiga hari pertama tahun ini (saat perayaan pergantian tahun 2015). Dalam beberapa tahun terakhir telah dianggap sebagai "kekuatan wisata peziarah" untuk tahun mendatang.

Apalagi kuil ini didedikasikan untuk Kaisar Meiji dan Ratu Shoken. Terdapat Hutan yang ada di sekitarnya merupakan hasil sumbangan dan kerja keras dari kumpulan para pemuda di seluruh pelosok negeri.

Pohon-pohon yang berhasil ditanam ada 100.000 batang, persembahan dari seluruh penjuru negeri. Kuil ini merupakan kuil yang paling dihormati dan dicintai oleh masyarakat Jepang yang mendapat kunjungan lebih dari 8 juta orang peziarah per tahunnya.

Dalam hal ini begitu banyak pengunjung yang rela antri berjam-jam untuk berdoa di sana sebagai hal pertama yang wajib dilakukan.

Meskipun banyak juga wisatawan peziarah yang tidak sabar untuk sampai ke depan antrian, untuk melakukan ritual lainnya, yaitu melemparkan koin sejauh di atas kepala orang-orang dengan disertai doa terbaik agar diwujudkan.

Antrian para wisatawan peziarah di luar Kuil Meiji Jingu Tokyo Jepang saat perayaan tahun baru. (traveljapanblog.com)

2. Kuil Asakusa Kannon (Sensoji)
Kuil Asakusa Kannon, juga dikenal sebagai kuil Sensoji, adalah salah satu kuil paling terkenal di Jepang dan tempat yang paling populer untuk Hatsumōde tempat lain yang populer.

Bagi penyuka wisata sejarah, Asakusa adalah tempat yang wajib disinggahi. Distrik Asakusa memang telah lama dikenal sebagai salah satu tujuan wisata sejarah di prefektur Tokyo.

Di sini, peninggalan sejarah lampau bersinergi dengan bangunan modern yang berada di sekitarnya.

Pada tengah malam saat perayaan pergantian tahun, peziarah membunyikan lonceng joya-no-kane atau biasa disebut lonceng tahun baru.

Para peizarah melakukan itu sebanyak 108 kali dan terdapat jimat juga yang dijual untuk mempromosikan keberuntungan buat tahun mendatang.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5921 seconds (0.1#10.140)