Erwin Gutawa hingga Sandhy Sondoro Bakal Ramaikan Konser Harmonature di Bulgaria

Jum'at, 26 Mei 2023 - 22:23 WIB
loading...
Erwin Gutawa hingga Sandhy Sondoro Bakal Ramaikan Konser Harmonature di Bulgaria
Erwin Gutawa serta sederet musisi lainnya bakal menggelar konser bertajuk Harmonature: Harmonizing the Nature of Nusantara pada 8 Juni 2023 di Ancient Theater Plovdiv, Bulgaria. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Komposer musik Erwin Gutawa mengaku bangga didaulat memimpin sebuah konser bertajuk 'Harmonature: Harmonizing the Nature of Nusantara' pada 8 Juni 2023 di Ancient Theater Plovdiv, Bulgaria. Lewat sebuah konser di sebuah lokasi bersejarah tersebut sebagai bentuk untuk merayakan persahabatan dan kekayaan warisan budaya di antara kedua negara baik Indonesia dan Bulgaria.

Tema 'Harmonizing the Nature of Nusantara' ini dipilih untuk menjalankan fokus program Pemerintah RI melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dalam mempromosikan Nusantara dengan keragaman budaya, sebagai sustainable forest city ke masyarakat internasional.

Komposer Erwin Gutawa sebagai Direktur musik dalam konser ini pun coba menghadirkan konser dengan konsep pemikiran yang disebutnya Ethnocestra.

"Ethnocestra adalah konsep pertunjukan musik yang belakangan saya kembangkan, berakar dari unsur musik tradisional dipadukan dengan modern serta orkestra yang tentunya mempromosikan budaya kita yang beragam itu tidak kuno atau ketinggalan jaman tapi juga ikut kondisi saat ini," beber Erwin Gutawa.



Ayah penyanyi Gita Gutawa ini mengungkapkan penonton dan musisi Indonesia akan lebih bangga jadi orang Indonesia saat memainkan lagu Indonesia.

"Konsep ini bukan pertama kali pernah ke New Zealand, Austria dan Jerman selalu ada unsur kolaborasi dulu di Vienna mainkan musik koplo, Jawa dan Bali," kata Erwin Gutawa.

"Unsur kolaborasi tentu menantang nanti akan minta bawakan lagu Indonesia dari penyanyi lokal Bulgaria semangat kerjasama kedua negara tergambar ketika nonton bunyi bunyi dan kemajuan kehebatan Indonesia itu modern gak terbelakang bisa tertuang dalam pertunjukan ini akan hadirkan musik dari barat hingga timur," sambungnya.

Perpaduan modern dan sejarah kuno juga akan tampak pada proyeksi pemetaan 3D oleh Jay Subiakto dan Taba Sanchabakhtiar. Proyeksi pada pilar dan dinding Ancient Theater ini akan menampilkan alam Indonesia dan menyoroti Nusantara.

Duta Besar RI untuk Bulgaria, Iwan Bogananta menginisiasi Harmonature sejak 2021 dengan seluruh tim KBRI Sofia, lalu mempersiapkan secara detail selama hampir satu tahun untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung. Menurutnya, penyelenggaraan Harmonature mempunyai tiga tujuan utama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2350 seconds (0.1#10.140)