10 Cara Alami Menurunkan Kolesterol Tinggi, Lemak Jahat Langsung Rontok

Senin, 12 Juni 2023 - 07:40 WIB
loading...
A A A

5. Kelola Tekanan Darah


Tekanan darah tinggi atau hipertensi dan kolesterol tinggi terkait. Plak kolesterol dan kalsium menyebabkan arteri menjadi keras dan menyempit. Jadi, jantung Anda harus bekerja lebih keras untuk memompa darah melaluinya. Akibatnya, tekanan darah Anda menjadi terlalu tinggi.



6. Kelola Stres


Stres menghasilkan hormon yang membuat seseorang makan tidak sehat, kurang tidur dan minum lebih banyak. Lakukan yang terbaik untuk mengatasi stres melalui meditasi, yoga, jurnal, terapi, dan teknik manajemen lainnya. Ini bisa sangat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, termasuk kadar kolesterol tinggi dalam darah.

7. Minum Obat


Minum obat sesuai resep dan aturan dokter sangat penting. Sebagian besar obat kolesterol menurunkan kolesterol dengan sedikit efek samping, tetapi efektivitasnya bervariasi dari orang ke orang. Obat kolesterol dan pilihan gaya hidup dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

8. Hindari Lemak Trans


Lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol. Hindari makanan yang digoreng, dilapisi tepung roti, atau diberi saus. Sebagai gantinya, pilihlah makanan yang tidak memerlukan penambahan lemak. Panggang, kukus, dan bakar bisa sebagai pilihan menarik. Pastikan hidangan Anda tidak dipanggang dengan lapisan keju atau lemak lainnya.

9. Makan Serat Larut


Serat larut adalah sekelompok senyawa berbeda pada tanaman yang larut dalam air dan tidak dapat dicerna manusia. Serat menurunkan kolesterol dan menghilangkannya dari tubuh. Untuk meningkatkan asupan serat, makan lebih banyak biji-bijian, kacang-kacangan, lentil, sayuran dan buah-buahan.

10. Hindari Alkohol


Alkohol dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi. Minum alkohol ringan hingga sedang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik, tetapi minum secara berlebihan dapat meningkatkan kolesterol total, jahat, dan trigliserida. Hal ini dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular.

(dra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2203 seconds (0.1#10.140)