Pagelaran Seni Budaya Sabang Merauke Kembali Digelar, Libatkan Ratusan Artis dan Desainer Ternama Indonesia

Rabu, 14 Juni 2023 - 09:17 WIB
loading...
Pagelaran Seni Budaya Sabang Merauke Kembali Digelar, Libatkan Ratusan Artis dan Desainer Ternama Indonesia
Jelang diadakannya Pagelaran Sabang Merauke di Jakarta, iForte dan BCA sebagai inisiator acara mengadakan syukuran bersama ratusan seniman pertunjukan di Yogyakarta. pada Jumat (9/6/2023). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pertunjukan seni dan budaya bertajuk Pagelaran Sabang Merauke bakal kembali digelar tahun ini. Acara tersebut melibatkan sejumlah seniman kondang Tanah Air, salah satunya musisi serbabisa Isyana Sarasvati.

Isyana mengaku antusias menyambut pagelaran yang rencananya digelar di JIEXPO Theater Kemayoran, Jakarta, pada 19-20 Agustus 2023 dengan total empat kali pertunjukan itu.

“Tentu senang dan bangga sekali bisa terlibat dalam Pagelaran Sabang Merauke. Saya pribadi jadi semakin mengenal lebih banyak lagi kekayaan seni dan budaya Indonesia yang luar biasa. Bersama teman-teman seniman lain, tentu saya ingin memberikan penampilan yang terbaik dalam Pagelaran Sabang Merauke nanti,” kata Isyana Sarasvati di Jakarta, belum lama ini.

Sebagai informasi, Pagelaran Sabang Merauke pertama kali digelar di pelataran Candi Prambanan Yogyakarta pada Februari 2022, yang kemudian berlanjut di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, pada awal Juni 2022.

Menuai respons positif masyarakat, pertunjukan ini kembali diselenggarakan pada November 2022 di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan. Di setiap pertunjukannya, Pagelaran Sabang Merauke selalu melibatkan ratusan seniman, baik tradisional maupun nasional, untuk menyuguhkan berbagai seni budaya Indonesia.

Pagelaran Sabang Merauke yang mengusung konsep live performance menggabungkan berbagai seni musik dari lagu daerah dan nasional, tarian tradisional dan modern, serta busana khas daerah dan etnik Indonesia diyakini akan mampu menarik perhatian masyarakat, khususnya generasi muda untuk semakin mencintai budaya warisan leluhur bangsa.

Ferdinandus Aming Santoso, CEO & Presiden Direktur iForte dan Protelindo Group selaku inisiator acara mengatakan, Pagelaran Sabang Merauke bukan sekadar pertunjukan seni dan budaya, namun di dalamnya juga mengusung semangat persatuan yang akan selalu relevan bagi kita sebagai bangsa Indonesia, khususnya untuk generasi muda Indonesia.

"Oleh karena itu kami berkomitmen untuk terus menyelenggarakan Pagelaran Sabang Merauke sebagai sarana pengenalan berbagai budaya Tanah Air kepada generasi muda,” ujar Aming di Yogyakarta, belum lama ini.

Berbeda dari penyelenggaraan tahun lalu, Wakil Presiden Direktur iForte Silvi Liswanda mengatakan, Pagelaran Sabang Merauke tahun ini akan lebih megah dan spektakuler karena melibatkan lebih dari 300 seniman Indonesia. Berbagai tarian tradisional dan modern yang dipertunjukkan secara kolosal akan mengiringi 31 lagu daerah dan nasional, yang dipersembahkan oleh musisi ternama Tanah Air. Mereka adalah Isyana Sarasvati, Cantika Abigail, Swain Mahisa, Alsant Nababan, Taufan Purbo, Mirabeth Sonia, Christine Tambunan, Nino Prabowo, Yuyun Arfah, Gabriel Harvianto, Batavia Madrigal Singers, dan Jakarta Concert Orchestra yang dipimpin oleh Avip Priatna.

Ada juga musisi Dian HP, Ammir Gita, Meidy Ratnasari, Kiki Dunung, budayawan senior Butet Kertaradjasa, seniman tari Mugiyono Kasido, Gunk Mas, Abib Igal, Okvalica, ventriloquist Kak Tony, serta MC Indra Bekti dan Endah Laras.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1978 seconds (0.1#10.140)