5 Kota Paling Layak Huni di Dunia 2023, Ada di Negara Mana Saja?

Kamis, 22 Juni 2023 - 14:50 WIB
loading...
A A A
Kopenhagen adalah kota bagi pejalan kaki dan pesepada. Hal ini didukung dengan infrastruktur yang baik. Dampaknya, udara di kota ini bersih dan segar.

Tak hanya itu, Kopenhagen juga berambisi untuk semakin menghijaukan kota, lebih banyak mendaur ulang, sehingga menjadi kota yang sangat layak dihuni oleh warganya.

3. Melbourne, Australia

5 Kota Paling Layak Huni di Dunia 2023, Ada di Negara Mana Saja?

Kota Melbourne, Australia. Foto/Reuters

Peringkat ketiga diduduki oleh Melbourne. Ibu kota negara bagian Victoria di Australia ini meraih skor 97,7 dalam Global Liveability Index 2023.

Berdasarkan survei kelayakan oleh EIU tersebut, Melbourne dinilai memiliki layanan pendidikan dan kesehatan yang kuat, serta infrastruktur yang baik.

Jalur sepeda, taman, dan ruang publik lainnya banyak ditemukan di kota ini. Budaya dan hiburan juga menjadi daya tarik kota, dengan kehadiran berbagai festival di sepanjang tahun dan teater terbaik di Australia.

4. Sydney, Australia

5 Kota Paling Layak Huni di Dunia 2023, Ada di Negara Mana Saja?

Kota Sydney, Australia. Foto/Reuters

Kota di Australia yang juga masuk dalam lima besar kota di dunia yang layak huni adalah Sydney. Kota ini menempati peringkat keempat dengan indeks 97,4 berdasarkan Global Liveability Index 2023. Tak berbeda dengan Melbourne, menurut EIU, Sydney memiliki layanan pendidikan dan kesehatan yang kuat.

Dukungan infrastruktur yang baik juga menjadi salah satu faktor kota ini menjadi kota yang layak huni. Sydney dianggap sebagai tempat yang aman dan stabil untuk ditinggali karena rendahnya tingkat kekerasan dan kejahatan di kota ini.

5. Vancouver, Kanada

5 Kota Paling Layak Huni di Dunia 2023, Ada di Negara Mana Saja?

Kota Vancouver, Kanada. Foto/Reuters

Vancouver yang terletak di barat Kanada menempati posisi kelima sebagai kota di dunia yang layak huni berdasarkan Global Liveability Index 2023. Kota ini meraih skor 97,3, dengan kekuatan di bidang pendidikan dan kesehatan yang baik.

Layanan kesehatan bagi warganya sebagian besar ditanggung dengan Medical Services Plan, menjadikan Vancouver sebagai acuan bagi layanan medis.

Vancouver juga fokus pada perencanaan kota yang layak huni, di mana orang dapat bekerja, bermain, dan berbelanja di lingkungan yang warganya saling mendukung dan terlibat aktif.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3294 seconds (0.1#10.140)