Tak Perlu Obat, Ini 7 Cara Mudah Menguatkan Jantung

Sabtu, 01 Juli 2023 - 08:51 WIB
loading...
Tak Perlu Obat, Ini 7 Cara Mudah Menguatkan Jantung
Pada dasarnya bukanlah perkara yang sulit untuk menguatkan jantung, bahkan siapapun bisa menguatkan jantung tanpa obat-obatan. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Jantung yang kuat menjadi salah satu faktor kesehatan tubuh. Itu kenapa penting bagi kita memastikan jantung dalam kondisi prima atau kuat setiap saat.

Pada dasarnya bukanlah perkara yang sulit untuk menguatkan jantung . Bahkan, Anda bisa menguatkan jantung tanpa obat-obatan. Ya, hanya diperlukan kemauan yang tinggi serta disiplin kebiasaan sehat ini.

Apa saja tips ampuh menguatkan jantung? Mengutip laman UCI Health, berikut 7 caranya.



1. Bergerak


Terdengar sepele, namun bergerak merupakan salah satu cara paling ideal membuat jantung tetap sehat dan kuat.

"Jantung adalah otot dan seperti otot tubuh lainnya, olahraga bisa menguatkan otot termasuk jantung," sebut laman itu.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah konsultasi dengan dokter jantung untuk mencari tahu detak jantung Anda seperti apa, dan dari sana akan ketahuan olahraga apa yang cocok dan bisa dilakukan untuk jangka panjang.

2. Berhenti Merokok


Saran ini tidak pernah bosan disampaikan dokter dan ahli kesehatan lainnya. Jika berhenti merokok, tubuh dipastikan tidak kemasukan zat berbahaya yang bisa memengaruhi kesehatan jantung.

3. Turunkan Berat Badan jika Berlebih


Menurunkan berat badan bukan sekadar diet dan olahraga, tapi ini adalah 'journey'. "Menurunkan berat badan itu menemukan apa yang disukai dan apa yang cocok untuk Anda," kata dr Bavani Nadeswaran, Dokter Spesialis Penyakit Dalam di UCI Health.

4. Konsumsi Makanan yang Menguatkan Jantung


Ya, ada makanan yang dipercaya sangat baik untuk jantung. Makanan tersebut mengandung lemak sehat yang tinggi sehingga bisa menyehatkan jantung. Makanan itu antara lain salmon dan guacamole.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1199 seconds (0.1#10.140)