5 Cara Menurunkan Kolesterol dalam Hitungan Detik Tanpa Obat

Sabtu, 01 Juli 2023 - 16:00 WIB
loading...
A A A


3. Berhenti Merokok


Berhenti merokok meningkatkan kadar kolesterol baik. Dalam waktu 20 menit setelah berhenti, tekanan darah dan detak jantung pulih dari lonjakan akibat rokok.

Dalam waktu tiga bulan setelah berhenti, sirkulasi darah dan fungsi paru-paru mulai membaik. Dalam setahun berhenti, risiko penyakit jantung setengah dari perokok.

4. Menurunkan Berat Badan


Kelebihan berat badan berkontribusi terhadap kolesterol tinggi. Jika Anda minum minuman manis, beralihlah ke air putih. Jika Anda menginginkan sesuatu yang manis, cobalah permen dengan sedikit atau tanpa lemak, seperti jeli.

Cari cara untuk memasukkan lebih banyak aktivitas ke dalam rutinitas harian Anda, seperti menggunakan tangga daripada naik lift atau parkir lebih jauh dari kantor. Berjalan-jalan saat istirahat di tempat kerja. Cobalah untuk meningkatkan aktivitas berdiri, seperti memasak atau mengerjakan pekerjaan pekarangan.



5. Kurangi Minum Alkohol


Penggunaan alkohol dalam jumlah sedang telah dikaitkan dengan kadar kolesterol baik yang lebih tinggi, tetapi manfaatnya tidak cukup kuat untuk merekomendasikan alkohol bagi siapa saja yang belum minum. Jika Anda minum alkohol, konsumsi secukupnya.

Untuk orang dewasa yang sehat, disarankan satu gelas sehari untuk wanita dari segala usia dan pria di atas usia 65 tahun, dan dua gelas sehari untuk pria berusia 65 tahun ke bawah. Terlalu banyak alkohol dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, termasuk tekanan darah tinggi, gagal jantung, dan stroke.
(dra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2177 seconds (0.1#10.140)