Fakta Subvarian EU.1.1 Omicron yang Picu Lonjakan Kasus Covid-19 di Eropa

Senin, 03 Juli 2023 - 11:50 WIB
loading...
Fakta Subvarian EU.1.1 Omicron yang Picu Lonjakan Kasus Covid-19 di Eropa
Subarian EU.1.1 Omicron dilaporkan memicu lonjakan kasus Covid-19 di Eropa. Saat ini para ahli pun tengah memantau virus yang disebut semakin kompleks. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Subarian EU.1.1 Omicron dilaporkan memicu lonjakan kasus Covid-19 di beberapa negara Eropa. Saat ini para ahli pun tengah memantau virus yang disebut semakin kompleks.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC) pun telah menambahkan subvarian EU.1.1 ke daftar jenis varian baru. Di mana subvarian Omicron ini ditemukan oleh ilmuwan setelah lonjakan kasus Covid-19 di Eropa.

Berikut fakta subvarian EU.1.1 Omicron dilansir dari CBS News, Senin (3/7/2023).

Fakta Subvarian EU.1.1





1. Melonjak Sejak Awal 2023


Subvarian EU.1.1 merupakan keturunan yang lebih jauh dari varian XBB.1.5. Subvarian ini telah melonjak sejak awal 2023, dengan beberapa mutasi pada protein lonjakannya yang mungkin mendorong penyebarannya.

CDC memperkirakan, bahwa kasus EU.1.1 sekarang mencapai 1,7 persen dari kasus di AS secara nasional. Namun kini memiliki kemungkinan peningkatan mencapai 8,7 persen kasus yang tersebar di wilayah Colorado, Montana, Dakota Utara, Dakota Selatan, Utah, dan Wyoming.

Meski begitu, masih terlalu dini untuk mengetahui apakah EU.1.1 akan menyebabkan gejala baru atau berbeda di AS. Terlepas dari beberapa laporan anekdot, pejabat kesehatan mengatakan ada sedikit bukti varian sebelumnya yang menyebabkan perubahan efek Covid-19.

Hampir semua orang Amerika sekarang diperkirakan memiliki antibodi dari vaksinasi, setidaknya satu infeksi atau kombinasi keduanya. Namun, menurut laporan CDC baru-baru ini, tercatat semakin banyak angka kematian dan pasien rawat inap dan kematian sekarang karena adanya infeksi ulang.

2. Banyak Kasus EU.1.1 di Utah


Laboratorium di Utah telah mengurutkan infeksi EU.1.1 terbanyak dibandingkan negara bagian mana pun. Tercatat, hampir 100 kasus EU.1.1 dilaporkan oleh laboratorium kesehatan masyarakat negara bagian tersebut ke basis data virus global.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1328 seconds (0.1#10.140)