6 Ide Sarapan Sehat bagi Penderita Diabetes, Inovatif dan Tetap Lezat

Selasa, 18 Juli 2023 - 08:15 WIB
loading...
6 Ide Sarapan Sehat bagi Penderita Diabetes, Inovatif dan Tetap Lezat
Terdapat sejumlah ide sarapan sehat bagi penderita diabetes yang menarik untuk diketahui. Tak hanya inovatif, rasanya pun tetap lezat dan tentu saja aman dikonsumsi. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah ide sarapan sehat bagi penderita diabetes yang menarik untuk diketahui. Tak hanya inovatif, rasanya pun tetap lezat dan tentu saja aman dikonsumsi.

Penderita diabetes perlu memperhatikan asupan makanan sehari-hari, termasuk ketika sarapan. Dalam hal ini, mereka memiliki salah satu pantangan besar, yakni makanan yang bisa menyebabkan kadar gula darah dalam tubuh meningkat.

Memperhatikan pilihan makanan yang dikonsumsi adalah salah satu kunci mengendalikan gula darah di dalam tubuh. Tak perlu bingung menentukannya, berikut sejumlah ide sarapan sehat bagi penderita diabetes yang bisa dipertimbangkan untuk dicoba.


Ide Sarapan Sehat dan Lezat untuk Penderita Diabetes

1. Sandwich Telur

Telur bisa menjadi salah satu menu sarapan sehat bagi penderita diabetes. Sebagai sumber protein, Anda bisa menjadikannya berbagai olahan yang lezat dan aman tentunya.

Mengutip WebMD, protein membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna, sehingga nantinya telur ini bisa membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Tak hanya merebusnya, Anda bisa menjadikan telur sebagai olahan enak lain.

Sebagai contoh, bisa dibuat sebuah sandwich telur. Pada menu ini dapat ditambahkan irisan tomat segar serta keju rendah lemak agar semakin nikmat rasanya.

2. Oatmeal

Bagi penderita diabetes, oatmeal dikenal sebagai salah satu pengganti nasi putih yang bisa disajikan saat sarapan. Jenis makanan ini aman dikonsumsi karena memiliki indeks glikemik yang relatif rendah.

Mengutip Healthline, oat mengandung sejenis serat khusus yang biasa dikenal sebagai beta-glucan. Kandungan tersebut dipercaya bisa berdampak pada penurunan gula darah.

Selain itu, kandungan tersebut juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Jika kurang berselera, bisa ditambahkan bahan tambahan seperti buah beri hingga yogurt Yunani agar semakin nikmat.

3. Telur Dadar Sayur

Telur dadar penuh sayur bisa menjadi inovasi olahan telur yang dicoba oleh penderita diabetes. Bersama telur, masukkan sejumlah sayuran seperti bayam, brokoli, hingga tomat.

Selain tinggi nutrisi dan serat, sayuran juga kaya vitamin C serta rendah karbohidrat. Untuk cara konsumsinya, bisa disuguhkan bersama sepotong roti gandum.


4. Roti Panggang Alpukat

Alpukat merupakan jenis buah yang kaya nutrisi. Dia juga dikemas bersama serat serta asam lemak tak jenuh tunggal yang berguna membantu mencegah peningkatan gula darah setelah makan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2290 seconds (0.1#10.140)