4 Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda, Salah Satunya Infeksi Saluran Kemih

Senin, 07 Agustus 2023 - 07:10 WIB
loading...
4 Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda, Salah Satunya Infeksi Saluran Kemih
Penyebab gagal ginjal di usia muda penting untuk diketahui. Pada usia dewasa, penyakit ini biasanya disebabkan oleh tekanan darah tinggi atau diabetes. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Penyebab gagal ginjal di usia muda penting untuk diketahui. Pada usia dewasa, penyakit ini biasanya disebabkan oleh tekanan darah tinggi atau diabetes.

Namun, gagal ginjal pada usia muda seperti anak-anak atau remaja biasanya disebabkan karena beberapa hal. Mulai dari infeksi atau infeski berulang.

Masalah struktural dengan cara ginjal dibangun, glomerulonefritis, dan sindrom nefrotik juga bisa menjadi faktor risiko. Gagal ginjal sendiri merupakan kondisi ketika ginjal seseorang berhenti bekerja dan memicu sejumlah masalah kesehatan.

Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda



Berikut ulasan penyebab gagal ginjal di usia muda dilansir dari Kidshealth, Senin (7/8/2023).



1. Infeksi


Infeksi saluran kemih sering terjadi. Infeksi biasanya mulai di kandung kemih, di mana urine disimpan. Tetapi infeksi dapat melakukan perjalanan ke atas dan menginfeksi ginjal. Infeksi dapat membuat bekas luka dan melukai ginjal. Luka juga dapat mempengaruhi seberapa baik ginjal bekerja.

2. Masalah Struktural


Ginjal bisa terlalu kecil atau bagian-bagiannya terbentuk dengan cara yang tidak biasa. Terkadang urine mengalir ke belakang, membuat ginjal bengkak atau rusak. Kista yakni kantung berisi cairan dapat berkembang di ginjal dan memengaruhi cara kerjanya.

3. Glomerulonefritis


Glomerulonefritisjuga disebut nefritis adalah peradangan pada glomeruli, unit penyaringan ginjal. Kondisi ini bisa disebabkan oleh infeksi, obat atau bahan kimia beracun, reaksi sistem kekebalan yang merusak ginjal.

Kondisi ini juga bisa mencakup infeksi bakteri seperti radang tenggorokan. Namun, dalam beberapa kasus, penyebabnya tidak diketahui. Ginjal yang meradang (bengkak dan teriritasi) memasukkan protein dan sel darah ke dalam urine. Urine bisa berubah kecoklatan dari darah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2160 seconds (0.1#10.140)