6 Cara Memperpanjang Umur dalam 10 Menit, Wajib Dilakukan Tiap Hari

Rabu, 09 Agustus 2023 - 20:18 WIB
loading...
6 Cara Memperpanjang Umur dalam 10 Menit, Wajib Dilakukan Tiap Hari
Penelitian menemukan cara memperpanjang umur dalam 10 menit. Ilmu pengetahuan menunjukkan kebiasaan sederhana dapat memperpanjang umur puluhan tahun. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Penelitian terbaru menemukan cara memperpanjang umur dalam 10 menit. Ilmu pengetahuan menunjukkan beberapa kebiasaan sehari-hari yang sederhana dapat memperpanjang umur selama puluhan tahun.

Adapun kebiasaan yang dapat memperpanjang umur tersebut seperti olahraga, makan sehat, menjaga hubungan sosial, dan mengurangi stres. Berjalan cepat, menikmati camilan sehat, atau berkirim pesan dengan teman juga baik untuk kesehatan.

Berikut cara memperpanjang usia dalam waktu 10 menit dilansir dari Insider, Rabu (9/8/2023).

Cara Memperpanjang Umur dalam 10 Menit





1. Aktif Bergerak


Bukti menunjukkan bahwa tidak banyak bergerak bisa mematikan. Para ahli merekomendasikan setidaknya 150 menit seminggu untuk olahraga sedang, 75 menit olahraga intens, atau kombinasi keduanya.

Penelitian lainnya menunjukkan bahwa Anda dapat memperoleh beberapa manfaat kesehatan dari olahraga tanpa menghabiskan waktu berjam-jam di gym. Caranya, istirahat singkat untuk bangun dan bergerak sepanjang hari dapat membantu, bahkan jika Anda hanya menambahkan beberapa ribu langkah.

Satu studi menunjukkan bahwa sekitar empat hingga enam menit gerakan yang memompa jantung bisa menurunkan risiko kematian dini. Studi lain menunjukkan bahwa gerakan intens pendek yang serupa setiap hari dapat secara signifikan mengurangi risiko kanker.

2. Short Plank atau Wall Sit


Ada manfaat kesehatan yang jelas terkait dengan latihan aerobik yang membuat jantung Anda terpompa. Namun, otot yang kuat dan sehat sama pentingnya untuk penuaan yang sehat.

Ada penelitian yang solid bahwa kombinasi latihan kardio dan latihan kekuatan bisa membantu untuk umur panjang dan sehat. Meskipun angkat besi bagus untuk membentuk otot, itu bukan satu-satunya pilihan.

Olahraga sepertiwall sit dan short plank telah terbukti menurunkan tekanan darah, selain bermanfaat untuk kekuatan. Jenis gerakan yang dikenal sebagai latihan isometrik ini juga berdampak rendah pada persendian.

3. Konsumsi Camilan Sehat


Nutrisi yang baik adalah faktor kunci lain dalam hidup sehat. Ahli diet merekomendasikan untuk menambahkan lebih banyak makanan ke dalam diet dalam bentuk buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan yang kaya karbohidrat.

Makanan nabati utuh kaya akan vitamin dan mineral serta serat, sejenis karbohidrat yang dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit mematikan seperti kanker usus. Beberapa orang yang berumur panjang di dunia makan banyak makanan berserat tinggi.

Seperti halnya kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran. Untuk menambah nutrisi, pilihlah camilan sehat seperti beri dengan cokelat hitam, campuran buah dan kacang kering, atau keju cottage dengan sayuran dan kerupuk gandum.



4. Nikmati Kopi, Teh, dan Cokelat Hitam


Ada bukti yang menunjukkan bahwa mikronutrien nabati lainnya seperti polifenol dan antioksidan dapat memberikan efek perlindungan terhadap penyakit kronis. Beberapa sumber nutrisi terkaya ini ditemukan dalam bentuk minuman favorit atau camilan manis.

Kopi mengandungbanyak senyawa yang dapat membantu mencegah penyakit jantung dan penyakit lainnya. Baik teh hijau atau teh hitam, penuh dengan zat bermanfaat yang sama. Jadi secangkir minuman favorit Anda di sore hari baik untuk kesehatan.

Lengkapi dengan sedikit cokelat hitam untuk meningkatkan flavonoid sehat jantung yang lebih besar.

5. Kumpul dengan Teman


Salah satu sumber masalah kesehatan yang mengejutkan di AS adalah kurangnya hubungan sosial, dengan bukti baru yang menunjukkan bahwa kesepian sama buruknya bagi kesehatan jangka panjang seperti halnya merokok.

Rasa kebersamaan yang kuat sebagai sumber energi, motivasi, dan rasa kemudaan yang berkelanjutan. Meskipun dibutuhkan kerja keras untuk menjaga hubungan baik, komunikasi teratur adalah kuncinya.

Bahkan ada cara ilmiah untuk menjadi teman yang lebih baik yakni meluangkan waktu untuk membagikan apa yang ada di pikiran, serta mendengarkan dengan penuh perhatian kepada orang yang Anda cintai, dapat membantu membuat dan mempertahankan hubungan yang langgeng.

6. Hindari Stres


Stres dapat terasa tak terelakkan, tetapi terlalu banyak dapat mengacaukan kesejahteraan, memperburuk kesehatan jantung, mengganggu sistem kekebalan, dan bahkan sulit untuk mempertahankan kebiasaan baik lainnya. Seperti diet bergizi dan olahraga teratur.

Meskipun Anda tidak dapat menghilangkan setiap sumber stres dalam hidup, namun ada cara untuk mengelolanya. Bernapas, atau mengambil waktu yang disengaja untuk fokus pada tarikan dan hembusan napas, telah terbukti efektif mengurangi stres.

Hanya lima menit sehari latihan pernapasan dapat memberikan kelegaan penting dari stres sehari-hari. Cara ini juga terbukti menurunkan tekanan darah.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1290 seconds (0.1#10.140)