5 Faktor Penyebab Ketombe Membandel, Salah Satunya Genetik

Kamis, 17 Agustus 2023 - 23:32 WIB
loading...
5 Faktor Penyebab Ketombe Membandel, Salah Satunya Genetik
Memiliki ketombe pada rambut dapat menurunkan kepercayaan diri baik pada wanita maupun pria. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Memiliki ketombe pada rambut dapat menurunkan kepercayaan diri baik pada wanita maupun pria. Di Indonesia, ketombe menjadi satu dari tiga masalah rambut yang paling sering dialami.

Sebanyak dua miliar perempuan di dunia memiliki masalah ketombe. Sayang, hanya 17% yang menggunakan perawatan antiketombe untuk merawat kulit kepala mereka.

Lantas, apa sih yang membuat rambut berketombe? Berikut ulasannya.


5 Faktor yang Dapat Memicu Munculnya Ketombe

1. Produksi Minyak Berlebih di Kulit Kepala

Kelenjar sebaceous di kulit kepala dapat menghasilkan minyak alami yang dikenal dengan sebum. Namun, ketika produksi sebum berlebihan, hal itu dapat menyebabkan pertumbuhan ragi yang memicu reaksi peradangan dan pengelupasan kulit kepala yang berlebihan.

2. Infeksi Jamur Malassezia

Jamur malassezia merupakan jamur yang secara alami muncul di kulit kepala manusia. Namun jika jamur tersebut memiliki jumlah yang berlebihan akan mengarah pada kemunculan ketombe. Selain itu, kelembaban yang tinggi pada kulit kepala juga dapat memicu tumbuhnya jamur tersebut.

3. Pemilihan Produk Sampo

Penggunaan sampo serta produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia keras dapat membuat kulit kepala pengguna menjadi kering dan iritasi. Iritasi kulit kepala menjadi salah satu penyebab munculnya ketombe. Kulit kepala yang iritasi dapat mengelupas lebih banyak, dan membuat lingkungan yang lebih nyaman untuk pertumbuhan ketombe.

Baca Juga: 7 Manfaat Lemon untuk Rambut, Salah Satunya Hilangkan Ketombe

4. Gaya Hidup

Kebiasaan atau gaya hidup merupakan salah satu penyebab munculnya ketombe. Kurangnya perawatan rambut yang tepat, jarang membersihkan bagian rambut, dan menggunakan produk perawatan yang tidak cocok dapat menyebabkan penumpukan sel kulit mati serta minyak berlebih di kulit kepala.

5. Faktor Genetik

Yang terakhir, ketombe juga dapat muncul karena adanya faktor genetik. Jika memiliki riwayat keluarga dengan permasalahan ketombe, kemungkinan seseorang akan lebih rentan mengalami masalah yang sama. MG/Kalyca Keysha Alfiani
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2124 seconds (0.1#10.140)
pixels