5 Bahan Alami yang Ampuh Mengusir Nyamuk, Aroma Serai Beri Perlindungan Ekstra pada Tubuh

Minggu, 20 Agustus 2023 - 22:49 WIB
loading...
5 Bahan Alami yang Ampuh Mengusir Nyamuk, Aroma Serai Beri Perlindungan Ekstra pada Tubuh
Musim kemarau membuat populasi nyamuk semakin tinggi dan ini mengganggu tidur. Lalu, bagaimana mengatasinya? Foto/ tilda.
A A A
JAKARTA - Musim kemarau membuat populasi nyamuk semakin tinggi dan ini mengganggu tidur. Lalu, bagaimana mengatasinya?

Ya, nyamuk dapat bertahan hidup lebih lama pada musim kemarau. Ini karena suhu yang lebih hangat dan kondisi lingkungan yang lebih kering.



Tidak hanya mengganggu, serangga ini juga jadi sumber penyakit berbahaya, seperti demam berdarah. Nah, untuk itu ada beberapa bahan alami yang ampuh mengusir nyamuk, seperti dikutip dari Healthline, Minggu (20/8/2023).

Bahan Alami Pengusir Nyamuk

1. Minyak kayu putih dan lemon

Minyak kayu putih dengan campuran lemon digunakan untuk mengusir nyamuk sejak 1940an. Ini jadi salah satu cara alami pengusir nyamuk yang cukup populer.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) telah menyetujui minyak kayu putih sebagai bahan yang efektif dalam pengusir nyamuk dalam waktu 3 jam.

2. Lavender

Remah-remah bunga lavender menghasilkan wangi dan minyak yang dapat mengusir nyamuk.
Sebuah penelitian pada 2002 menemukan bahwa minyak lavender efektif untuk mengusir nyamuk. Lavender memiliki kualitas analgesik, antijamur dan antiseptik. Artinya selain mencegah gigitan nyamuk, juga dapat menenangkan dan menyejukkan kulit.

3. Ekstrak kayu manis

Menurut sebuah penelitian di Taiwan, ekstrak kayu manis dapat membunuh telur nyamuk dan dapat bertindak sebagai penolak nyamuk dewasa, terutama nyamuk macan Asia.

4. Minyak Tea Tree

Minyak tea tree atau minyak melaleuca adalah minyak esensial yang populer dari Australia. Minyak ini dikenal dengan sifat antiseptik, antimikroba, dan anti-inflamasi. Tetapi penelitian juga menunjukkan bahwa minyak tea tree pun dapat menjadi penolak serangga yang efektif.

Pengujian lapangan menunjukkan bahwa penolak yang mengandung minyak tea tree efektif melawan nyamuk, lalat semak, dan pengusir hama.


5. Serai

Serai sudah banyak dikenal sebagai minyak esensial alami dan efektif yang mampu bekerja melawan nyamuk.

Saat berada di luar ruangan, lilin dengan aroma dan bahan serai dapat memberikan perlindungan ekstra hingga 50 persen. Jika diformulasikan dengan tepat, serai dapat melindungi hingga dua jam.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2065 seconds (0.1#10.140)