5 Ikan yang Bisa Bikin Panjang Umur, Cukup Makan 2 Kali Seminggu

Minggu, 27 Agustus 2023 - 06:30 WIB
loading...
5 Ikan yang Bisa Bikin Panjang Umur, Cukup Makan 2 Kali Seminggu
Penelitian menemukan konsumsi ikan bisa bikin panjang umur. Namun tidak semua ikan bisa memberikan efek demikian, melainkan hanya beberapa jenis saja. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Penelitian terbaru menemukan bahwa konsumsi ikan bisa bikin panjang umur dan menyehatkan. Namun tidak semua ikan bisa memberikan efek demikian, melainkan hanya beberapa jenis saja.

Sebuah studi internasional yang dilakukan oleh tim peneliti Universitas Wolverhampton dan ilmuwan di Inggris, Eropa, Tiongkok, dan Amerika Serikat menemukan bahwa orang lanjut usia yang mengonsumsi lebih banyak ikan akan panjang umur .

Studi terhadap 4.165 peserta berusia 60 tahun ke atas di Tiongkok, yang diterbitkan dalam jurnal Springerlink menemukan bahwa orang yang mengonsumsi ikan setidaknya dua kali seminggu dibandingkan dengan tidak pernah makan selama dua tahun terakhir mengurangi risiko kematian dari sebab apa pun sebesar 42 persen.

Dilansir dari Express, Minggu (27/8/2023) penelitian ini dilakukan di lima provinsi di Tiongkok untuk menemukan hubungan yang signifikan antara konsumsi ikan pada usia lanjut dan semua penyebab kematian, terutama pada orang tanpa demensia.



5 Ikan yang Bisa Bikin Panjang Umur, Cukup Makan 2 Kali Seminggu

Foto/Infografis SINDOnews

Profesor Ruoling Chen dari Universitas Wolverhampton, penulis koresponden dan penjamin penelitian ini, beserta rekannya di Tiongkok mewawancarai 4.165 penduduk berusia di atas 60 tahun di komunitas pedesaan dan perkotaan di provinsi Anhui, Guangdong, Heilongjiang, Hubei, Shanghai dan Shanxi di Tiongkok. Mereka mengkarakterisasi tingkat konsumsi ikan dan memantau status vital hingga empat tahun setelah wawancara.

“Kami merekomendasikan agar orang lanjut usia meningkatkan konsumsi ikan untuk memperpanjang hidup mereka, meskipun penderita demensia mungkin tidak mendapatkan manfaat dari peningkatan konsumsi ikan untuk kelangsungan hidup,” kata Chen.

Mengomentari temuan ini, ahli gizi Daniel O'Shaughnessy menjelaskan penelitian baru yang dilakukan di universitas-universitas di Tiongkok, AS, Inggris, dan Swiss menegaskan bahwa mengonsumsi ikan dapat berperan besar dalam penuaan yang sehat, mengurangi risiko kematian sebesar 42 persen.

“Hidangan seperti sushi mengandung banyak bahan yang meningkatkan kesehatan dan berkontribusi terhadap penuaan yang sehat, termasuk ikan berminyak seperti tuna dan salmon,” jelas Daniel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2107 seconds (0.1#10.140)