8 Penyakit yang Bisa Diatasi dengan Air Rebusan Serai, dari Turunkan Tekanan Darah Tinggi hingga Kolesterol

Selasa, 29 Agustus 2023 - 20:32 WIB
loading...
A A A
Faktanya, berdasarkan studi observasi yang dirilis pada 2012, ditemukan bahwa teh serai lebih efektif dibandingkan teh hijau.

3. Menurunkan Berat Badan


Air serai digunakan sebagai detoks untuk meningkatkan metabolisme, yang selanjutnya membantu penurunan berat badan.

Menurut laporan 2013 yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, keberadaan senyawa polifenol dan kandungan kafein dalam serai meningkatkan pengeluaran energi dan oksidasi lemak, sehingga berkontribusi terhadap penurunan berat badan.

4. Melawan Kanker


Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal Agriculture and Food Chemistry, serai kaya akan antioksidan. Antioksidan ini memiliki kemampuan melawan radikal bebas yang bertanggung jawab atas perkembangan sel kanker serta penuaan dini.



5. Mengurangi Kecemasan


Serai merupakan formula herbal yang dapat membantu meredakan kecemasan dan stres. Pusat Kanker Memorial Sloan Kettering menyarankan mencium aroma serai untuk segera mengurangi kecemasan dan stres.

6. Menurunkan Kolesterol


Serai secara tradisional digunakan untuk mengobati kolesterol tinggi, dan mengatasi penyakit jantung. Sebuah artikel yang diterbitkan dalam Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research meneliti dampak serai pada tikus.

Ditemukan bahwa asupan serai menurunkan kadar kolesterol. Ini karena dampak signifikan dari penurunan kolesterol sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung dan memberikan perlindungan dari penyakit jantung utama.

Secara keseluruhan, serai mengandung quercetin, flavonoid yang dikenal memiliki manfaat antioksidan dan antiinflamasi yang melindungi kesehatan jantung. Selain itu, membantu dalam mengelola masalah kolesterol tinggi.

7. Mengurangi Ketombe


Serai adalah perawatan pertumbuhan rambut efektif yang dapat membantu menghilangkan penyumbatan folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Ini adalah sumber yang kaya vitamin A dan C, yang berfungsi sebagai nutrisi penting untuk kulit dan rambut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3184 seconds (0.1#10.140)