5 Penyakit yang Dapat Disembuhkan dengan Daun Pepaya, dari Herpes hingga Diabetes

Jum'at, 08 September 2023 - 19:03 WIB
loading...
A A A
Daun pepaya kerap dijadikan sebagai obat berbagai masalah pencernaan, seperti perut kembung, diare, hingga sembelit.

3. Sakit Tenggorokan


Peradangan yang ada di tenggorokan juga dapat disembuhkan dengan daun pepaya. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa obat pelega tenggorokan yang mengandung 2 miligram papain membantu meredakan sakit tenggorokan.

4. Demam Berdarah Dengue


Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan National Library of Medicine menyebutkan bahwa daun pepaya mampu meningkatkan jumlah trombosit dalam darah. Hal ini sangat bermanfaat untuk membantu pemulihan penyakit DBD.

Ketika sakit DBD, jumlah trombosit atau salah satu komponen darah yang berfungsi membantu proses pembekuan darah akan menyusut sehingga menyebabkan beberapa gejala seperti pendarahan.

5. Diabetes


Menurut jurnal "Pengaruh Pemberian Ekstrak Daun Pepaya Terhadap Kadar Glukosa Darah", sebagian besar tanaman yang mengandung glikosida, alkaloid, terpenoid, flavonoid memiliki efek sebagai antidiabetes. Beberapa kandungan tersebut ada dalam daun pepaya.

Membuat daun pepaya efektif untuk mengontrol gula darah. Konsumsi ekstrak daun pepaya akan melindungi sel penghasil insulin. Dengan demikian, kadar insulin dalam tubuh stabil dan kadar gula darah pun terjaga.
(okt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3303 seconds (0.1#10.140)