alexa snippet

Memiliki Bos yang Menyebalkan Ternyata Ada Manfaatnya

Memiliki Bos yang Menyebalkan Ternyata Ada Manfaatnya
Memiliki Bos yang Menyebalkan Ternyata Ada Manfaatnya. (Ilustrasi).
A+ A-
JAKARTA - Memiliki atasan yang tidak menghargai pekerjaan dan kerap memandang remeh tentunya merupakan hal yang menyebalkan. Namun, sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa kurangnya dukungan dari atasan bisa menjadi motivasi untuk membuat hal positif dan pada akhirnya semakin bahagia.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Work & Stress ini, mencakup tiga penelitian dan melibatkan 500 pegawai di Portugal dan Amerika Serikat. Pegawai yang bekerja di berbagai bidang pekerjaan itu diminta mengisi kuesioner tentang tiga hal mendasar, yaitu bagaimana dimanfaatkan di setiap akhir hari kerja, seberapa baik mendapat dukungan dari atasan dan seberapa puas terhadap kehidupan masing-masing secara umum.

Hasil kuesioner tersebut menunjukkan, bahwa pegawai yang merasa bos mereka memahami dan mendukung pekerjaan, lebih kecil mengalami kelelahan emosional. Namun pegawai yang merasa tidak diberi dukungan dan mengalami kelelahan emosional lebih sering melakukan aktivitas yang bisa memengaruhi tingkat kebahagiaan mereka dan mencari dukungan juga saran dari pihak lain.

Pemimpin penelitian sekaligus dosen perilaku organisasi di University of East Anglia, Carlos Ferreira Peralta, Ph.D, menjelaskan, memiliki atasan yang mendukung bisa menjadi pedang bermata dua dan mengalami kelelahan emosional bisa memberikan keuntungan. Dilansir dari Health, penelitian ini juga menemukan, cara seseorang untuk mengatasi kelelahan emosional merupakan hal yang lebih penting, dibandingkan hubungan dengan atasan buruk.

"Penemuan kami menunjukkan, aktivitas yang dilakukan pegawai adalah kunci dalam membangun kebahagiaan dari pengalaman yang membuat tertekan. Menurut riset kami, mengatasi kelelahan emosional dengan strategi yang efektif dan usaha yang berkelanjutan bisa berujung pada meningkatnya kebahagiaan," papar Carlos.
(nfl)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top