6 Zat Ini Bisa Perbaiki Suasana Hati dan Turunkan Tingkat Kecemasan

Selasa, 19 September 2023 - 08:48 WIB
loading...
6 Zat Ini Bisa Perbaiki Suasana Hati dan Turunkan Tingkat Kecemasan
Vitamin D diperlukan untuk produksi neurotransmitter dan kadarnya yang rendah telah dikaitkan dengan depresi, kecemasan, serta sejumlah gejala kesehatan mental lain. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Mengonsumsi makanan dan minuman bergizi adalah hal yang penting untuk kelangsungan hidup manusia. Orang yang kekurangan gizi karena asupan nutrisi yang tidak cukup, bisa mengalami kondisi mood yang tak baik dan memengaruhi tingkat kecemasan.

Melansir laman Times Now News, Selasa (19/9/2023), asupan makanan yang rendah serta kekurangan mikronutrien seperti vitamin A, vitamin B12, vitamin D, kalsium, zat besi, dan folat, dikaitkan dengan penurunan fungsi kualitas hidup.

“Orang tidak menyadari pentingnya nutrisi seperti asam lemak omega-3, vitamin D, B12, karbohidrat, protein, magnesium, seng, zat besi, folat, dan selenium dalam makanan sehari-hari. Tes rutin untuk nutrisi semacam itu guna mendiagnosis kekurangan gizi akan membantu mempertahankan gaya hidup sehat,” kata dr. Sanjay Ingle, seorang ahli patologi.



Karena itu, nutrisi yang baik akan membantu memproduksi bahan kimia di otak yang diperlukan untuk mengatur suasana hati serta perilaku kita dengan benar.

Berikut enam nutrisi yang harus dikonsumsi untuk memperbaiki suasana hati.

1. Vitamin D

Vitamin D diperlukan untuk produksi neurotransmitter dan kadarnya yang rendah pada tubuh telah dikaitkan dengan depresi, kecemasan, serta sejumlah gejala kesehatan mental lain. Vitamin D juga penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Tubuh Anda menghasilkan vitamin D sebagai respons terhadap paparan sinar matahari. Selain itu, juga dapat meningkatkan asupan melalui makanan atau suplemen tertentu, seperti kuning telur, ikan berlemak, keju, sereal, dan jus yang diperkaya.

2. Vitamin B12

Asupan vitamin B12 yang cukup membantu menjaga kesehatan fungsi otak, jaringan saraf, dan produksi sel darah merah. Anda bisa mengembangkan masalah mental jika memiliki kadar B12 yang sangat rendah. Vitamin ini secara alami bisa ditemukan pada daging, ikan, dan produk susu.

Orang yang tidak makan daging, seperti vegan, bisa mendapatkan vitamin B12 dalam bentuk suplemen. Juga, beberapa jenis sereal sarapan dan susu yang diperkaya dengan vitamin B12.

3. Magnesium

Mineral yang sangat penting ini juga terlibat dalam ratusan reaksi kimia di dalam tubuh manusia. Rendahnya tingkat magnesium dapat meningkatkan kecemasan dan kepanikan, gelisah, kurang tidur, serta mudah tersinggung.

Makanan yang tinggi magnesium antara lain sayuran hijau, biji-bijian, polong-polongan, kacang-kacangan, cokelat hitam, dan beberapa ikan berlemak.


4. Asam Lemak Omega-3

Juga disebut lemak omega-3 dan lemak n-3, asam lemak omega-3 menawarkan banyak manfaat bagi otak serta tubuh. Omega-3 dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, melawan peradangan, dan penyakit autoimun.

Hal ini mendukung fungsi otak yang sehat dan tingkat konsumsi rendah dari jenis lemak ini dapat menyebabkan suasana hati yang tidak stabil, depresi, kecemasan, serta fokus yang buruk. Ikan berlemak seperti sarden, salmon, dan mackerel merupakan sumber lemak omega-3 yang sangat baik. Sumber makanan lain termasuk kacang-kacangan, biji-bijian, dan tiram.

5. Selenium

Manusia membutuhkan selenium, mineral esensial yang memiliki beberapa fungsi penting dalam tubuh mulai dari reproduksi hingga melawan infeksi. Zat ini bertindak sebagai antioksidan kuat dan membantu meningkatkan mood.

Selenium juga penting untuk kesehatan tiroid. Makanan yang menyediakan selenium adalah ayam, kalkun, ikan, telur, keju cottage, susu dan yogurt, kacang brazil, bayam, pisang, serta jamur.

6. Seng

Seng adalah mineral penting yang Anda butuhkan untuk kesehatan yang baik. Tingkat seng yang buruk dapat memengaruhi suasana hati dan tingkat kecemasan, mengurangi nafsu makan, serta membuat orang pada umumnya merasa tidak memiliki energi atau motivasi untuk melakukan sesuatu.

Mineral ini berlimpah dalam daging tanpa lemak, kerang, polong-polongan, biji-bijian, telur, produk susu, dan kacang-kacangan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3370 seconds (0.1#10.140)