Naik KRL Ternyata Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Selasa, 23 Mei 2017 - 09:20 WIB
Naik KRL Ternyata Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi
Naik KRL Ternyata Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi
A A A
JAKARTA - Kereta atau KRL menjadi salah satu moda transportasi primadona masyarakat untuk menjalankan aktivitasnya. Pasalnya, meski harus berdesakan namun KRL dinilai lebih cepat dan bebas dari macet.

Sementara, sebuah penelitian yang dipresentasikan American Heart Association's Scientific pada 2015 menunjukkan bahwa, menggunakan transportasi umum bisa membuat tubuh lebih sehat. Di mana bisa menurunkan berat badan, tekanan darah tinggi hingga menurunkan diabetes.

Para penumpang bus, kereta dan pejalan kaki yang disurvei mengaku mengalami penurunan berat badan hingga 44%, tekanan darah tinggi menurun 27% dan diabetes turun hingga 34%. Dilansir dari Sciene Daily, selanjutnya peneliti juga melakukan riset berdasarkan faktor seperti usia, jenis kelamin, dan kebiasaan merokok atau tidak merokok.

Hasil survei tersebut pun menemukan bahwa penumpang kereta lebih bugar lantaran harus berjalan kaki di dalam stasiun. Penelitian sejenis yang dilakukan direktur Moriguchi City Health Examination Center, Osaka, Jepang, Hisako Tsuji, MD, menemukan, bahwa menggunakan transportasi umum sama seperti latihan fisik yang dilakukan sehari-hari.

"Orang harus mempertimbangkan untuk menggunakan transportasi umum dan bukan mobil pribadi, karena ini termasuk bagian dari kesehatan yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi Anda," papar Tsuji.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5582 seconds (0.1#10.140)