8 Sayuran Paling Menyehatkan, Kale Ampuh Menurunkan Kolesterol
Sabtu, 30 September 2023 - 05:00 WIB
loading...
A
A
A
3. Brokoli

Foto/Getty Images
Brokoli adalah sayuran yang sangat menyehatkan. Brokoli cincang dan rebus mengandung sekitar 31 kalori, memenuhi kebutuhan harian vitamin K, dua kali jumlah vitamin C yang direkomendasikan setiap hari.
Menurut National Cancer Institute, penelitian pada hewan menemukan bahwa bahan kimia tertentu, yang disebut indoles dan isothiocyanates, dalam sayuran dapat menghambat perkembangan kanker di beberapa organ. Termasuk kandung kemih, payudara, hati, dan perut.
Senyawa ini dapat melindungi sel dari kerusakan DNA, menonaktifkan agen penyebab kanker, dan memiliki efek antiinflamasi. Brokoli bisa dinikmati dengan memanggangnya, mengukusnya, mencampurkannya ke dalam sup, atau menikmatinya hangat dalam salad.
4. Bit

Foto/Getty Images
Bit mentah mengandung 58,5 kalori, 442 mg potasium, 148 mikrogram folat. Bit dan jus bit sangat bagus untuk meningkatkan kesehatan jantung, karena sayuran ini kaya akan nitrat yang menyehatkan jantung.
Sebuah studi kecil pada 2012 melaporkan bahwa minum 500 g jus bit secara signifikan menurunkan tekanan darah pada orang sehat. Sayuran ini juga bermanfaat bagi penderita diabetes.
Bit mengandung antioksidan yang disebut asam alfa-lipoat, yang bermanfaat bagi penderita masalah saraf terkait diabetes, yang disebut neuropati diabetik. Bit yang dipanggang menghasilkan rasa manis alami, tetapi juga terasa enak saat dikonsumsi dalam jus, salad, dan sandwich.

Foto/Infografis SINDOnews
Baca Juga: 9 Tips Menyimpan Sayuran Lebih dari Seminggu, Tidak Mudah Busuk
5. Wortel

Foto/Getty Images
Wortel cincang mengandung 52 kalori dan lebih dari empat kali lipat asupan vitamin A harian yang direkomendasikan orang dewasa, dalam bentuk beta karoten. Vitamin A sangat penting untuk kesehatan penglihatan, dan mendapatkan cukup nutrisi ini dapat membantu mencegah kehilangan penglihatan.
Nutrisi tertentu dalam wortel juga memiliki sifat melawan kanker. Tinjauan 10 artikel pada 2018 melaporkan bahwa asupan wortel dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara.
Lihat Juga :