7 Cara Cepat Menyembuhkan Pilek Tanpa Obat, Cukup Istirahat dan Minum Air Putih

Senin, 02 Oktober 2023 - 07:55 WIB
loading...
7 Cara Cepat Menyembuhkan Pilek Tanpa Obat, Cukup Istirahat dan Minum Air Putih
Ada cara cepat menyembuhkan flu tanpa obat. Pada dasarnya, cara terbaik untuk mengatasi flu dengan cepat adalah dengan istirahat dan tetap terhidrasi. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada cara cepat menyembuhkan pilek tanpa obat. Pada dasarnya, cara terbaik untuk mengatasi flu dengan cepat adalah dengan istirahat dan tetap terhidrasi.

Pilek adalah infeksi saluran pernapasan sangat menular yang disebabkan oleh virus influenza. Gejala flu biasanya berlangsung sekitar satu minggu, namun gejala yang paling parah muncul selama dua hingga tiga hari.

Biasanya flu menyebabkan kelelahan, kelemahan, dan batuk selama seminggu setelah Anda pulih. Namun, ada cara cepat menyembuhkan pilek tanpa obat dilansir dari Healthline, Senin (2/10/2023).

Cara Cepat Menyembuhkan Pilek Tanpa Obat





1. Istirahat di Rumah


Tubuh Anda membutuhkan waktu dan energi untuk melawan virus flu, yang berarti rutinitas harian Anda harus dikesampingkan. Anda mungkin tergoda untuk berbelanja bahan makanan atau mencuci pakaian terlebih dahulu selama seminggu, namun hal tersebut justru merugikan diri sendiri.

Tinggallah di rumah, dan tundalah tugas sampai Anda mulai merasa lebih baik. Selain membantu pulih, tinggal di rumah juga mencegah penyebaran flu ke orang lain di komunitas atau tempat kerja Anda. Flu bisa berbahaya bagi orang lanjut usia dan anak kecil, jadi sangat penting untuk menghindari kontak.

2. Banyak Minum Air Putih


Salah satu gejala flu adalah demam tinggi yang bisa menyebabkan berkeringat. Beberapa kasus mengalami muntah atau diare. Tubuh Anda membutuhkan banyak cairan untuk menggantikan cairan yang hilang, dan bahkan lebih banyak lagi untuk melawan infeksi.

Air putih adalah pilihan terbaik, tetapi Anda juga bisa minum teh herbal atau teh dengan madu. Ini dapat memberikan efek menenangkan pada gejala sekaligus menjaga tetap terhidrasi. Namun, ada dua hal yang harus selalu Anda hindari adalah alkohol dan kafein.

3. Tidurlah Sebanyak Mungkin


Tidur adalah obat terbaik untuk tubuh saat melawan flu. Menonton TV sambil meringkuk di sofa bukanlah ide yang buruk, tetapi Anda tidak boleh menonton acara Netflix favorit Anda secara berlebihan sepanjang malam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1992 seconds (0.1#10.140)