7 Cara Cepat Menyembuhkan Pilek Tanpa Obat, Cukup Istirahat dan Minum Air Putih

Senin, 02 Oktober 2023 - 07:55 WIB
loading...
7 Cara Cepat Menyembuhkan Pilek Tanpa Obat, Cukup Istirahat dan Minum Air Putih
Ada cara cepat menyembuhkan flu tanpa obat. Pada dasarnya, cara terbaik untuk mengatasi flu dengan cepat adalah dengan istirahat dan tetap terhidrasi. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada cara cepat menyembuhkan pilek tanpa obat. Pada dasarnya, cara terbaik untuk mengatasi flu dengan cepat adalah dengan istirahat dan tetap terhidrasi.

Pilek adalah infeksi saluran pernapasan sangat menular yang disebabkan oleh virus influenza. Gejala flu biasanya berlangsung sekitar satu minggu, namun gejala yang paling parah muncul selama dua hingga tiga hari.

Biasanya flu menyebabkan kelelahan, kelemahan, dan batuk selama seminggu setelah Anda pulih. Namun, ada cara cepat menyembuhkan pilek tanpa obat dilansir dari Healthline, Senin (2/10/2023).

Cara Cepat Menyembuhkan Pilek Tanpa Obat





1. Istirahat di Rumah


Tubuh Anda membutuhkan waktu dan energi untuk melawan virus flu, yang berarti rutinitas harian Anda harus dikesampingkan. Anda mungkin tergoda untuk berbelanja bahan makanan atau mencuci pakaian terlebih dahulu selama seminggu, namun hal tersebut justru merugikan diri sendiri.

Tinggallah di rumah, dan tundalah tugas sampai Anda mulai merasa lebih baik. Selain membantu pulih, tinggal di rumah juga mencegah penyebaran flu ke orang lain di komunitas atau tempat kerja Anda. Flu bisa berbahaya bagi orang lanjut usia dan anak kecil, jadi sangat penting untuk menghindari kontak.

2. Banyak Minum Air Putih


Salah satu gejala flu adalah demam tinggi yang bisa menyebabkan berkeringat. Beberapa kasus mengalami muntah atau diare. Tubuh Anda membutuhkan banyak cairan untuk menggantikan cairan yang hilang, dan bahkan lebih banyak lagi untuk melawan infeksi.

Air putih adalah pilihan terbaik, tetapi Anda juga bisa minum teh herbal atau teh dengan madu. Ini dapat memberikan efek menenangkan pada gejala sekaligus menjaga tetap terhidrasi. Namun, ada dua hal yang harus selalu Anda hindari adalah alkohol dan kafein.

3. Tidurlah Sebanyak Mungkin


Tidur adalah obat terbaik untuk tubuh saat melawan flu. Menonton TV sambil meringkuk di sofa bukanlah ide yang buruk, tetapi Anda tidak boleh menonton acara Netflix favorit Anda secara berlebihan sepanjang malam.

Tidurlah lebih awal dari biasanya dan tidurlah lebih nyenyak. Anda juga bisa tidur siang agar tubuh memiliki lebih banyak waktu untuk pulih. Istirahat dan tidur juga mengurangi risiko komplikasi flu yang serius, seperti pneumonia.

7 Cara Cepat Menyembuhkan Pilek Tanpa Obat, Cukup Istirahat dan Minum Air Putih

Foto/Infografis SINDOnews



4. Mandi Air Hangat


Sulit tidur karena hidung tersumbat dan batuk. Cobalah beberapa tips untuk bernapas lebih lega dan tidur malam lebih nyenyak. Anda bisa menggunakan bantal tambahan untuk menopang kepala dan mengurangi tekanan sinus, tidur dengan pelembab udara atau alat penguap di dalam ruangan. Kemudian mandi air hangat atau mandi sebelum tidur.

5. Makan Makanan Sehat


Tubuh membutuhkan nutrisi yang lebih baik untuk pulih dari flu. Buah-buahan dan sayuran segar menyediakan vitamin, mineral, dan antioksidan penting yang memperkuat sistem kekebalan tubuh saat melawan virus.

Anda mungkin tidak memiliki nafsu makan yang besar saat flu, namun tetap penting untuk makan secara teratur untuk menjaga kekuatan.

6. Tambahkan Kelembapan pada Udara


Udara kering dapat memperburuk gejala flu. Alat penguap atau pelembab udara menambah kelembapan pada udara dan dapat membantu hidung yang tersumbat.

Ada banyak jenis pelembab dan alat penguap yang tersedia di pasaran. Contohnya termasuk pelembap kabut dingin dan alat penguap uap. Ini dapat ditemukan dengan mudah dengan harga yang wajar di toko besar setempat, apotek, atau online.



7. Konsumsi Elderberry


Elderberry telah digunakan selama ratusan tahun dalam pengobatan pilek dan flu. Dalam sebuah penelitian terkontrol plasebo, penderita flu yang mengonsumsi tablet hisap elderberry empat kali sehari mengalami penurunan demam, sakit kepala, nyeri otot, hidung tersumbat, dan batuk setelah 48 jam.

Dalam penelitian lain, 60 orang dengan gejala mirip flu yang mengonsumsi 15 mililiter sirup elderberry empat kali sehari mengalami perbaikan gejala empat hari lebih awal dibandingkan orang yang menggunakan plasebo.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1421 seconds (0.1#10.140)