Ini Alasan Sudah Makan Banyak tapi Masih Tetap Lapar

Rabu, 04 Oktober 2023 - 16:00 WIB
loading...
Ini Alasan Sudah Makan Banyak tapi Masih Tetap Lapar
Banyak orang mengeluh tetap merasa lapar meski sudah makan banyak. Pada dasarnya, kondisi ini disebabkan oleh beberapa hal yang harus diwaspadai. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Banyak orang mengeluh tetap merasa lapar meski sudah makan banyak. Pada dasarnya, kondisi ini disebabkan oleh beberapa hal yang harus diwaspadai.

Perawat sekaligus healthy lifestyle educator Rizal Do mengatakan bahwa tetap merasa lapar meski sudah makan bisa disebabkan karena pola makan tidak beraturan, hormon, ataupun gaya hidup sehari-hari.

“Penyebab pertama bisa jadi karena komposisi gizi makananmu,” kata Rizal dikutip dari akun X pribadinya, Rabu (4/10/2023).



Menurutnya, makanan yang kaya protein cenderung membuat tubuh merasa kenyang lebih lama dibandingkan makanan mengandung karbohidrat atau lemak. Bahkan beberapa penelitian menunjukkan makanan yang tinggi protein memicu pelepasan hormon yang membuat kenyang, seperti GLP-1, CCK, dan PYY.

Tidak hanya itu, makanan yang kurang akan serat juga menjadi pemicu terjadinya hal tersebut. Karena serat bisa memperlambat proses pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang.

“Selain protein dan serat, kurang tidur juga bisa menjadi salah satu faktor karena dapat memengaruhi hormon leptin. Leptin adalah hormon yang memberikan sinyal kenyang pada otak,” jelasnya.



Namun yang menjadi masalah pada beberapa kondisi, leptin juga bisa mengalami gangguan, terutama pada orang dengan obesitas atau kelebihan berat badan. Meski kadar leptin terdapat banyak di dalam darah, otak tidak akan terpengaruh dan mengira tubuh masih membutuhlan asupan.

Kondisi ini disebut dengan resistensi leptin. “Sebenernya kompleks banget si persoalan leptin tuh. Cuma masalah hormon bisa diatasi kalau kamu rajin olahraga, ngurangin asupan gula, perbanyak serat, dan cukup tidur,” pungkasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1000 seconds (0.1#10.140)