Rutin Berciuman Bisa Sehatkan Gigi dan Mulut

Kamis, 03 Agustus 2017 - 18:47 WIB
Rutin Berciuman Bisa Sehatkan Gigi dan Mulut
Rutin Berciuman Bisa Sehatkan Gigi dan Mulut
A A A
JAKARTA - Ciuman dipercaya bisa membuat pasangan suami istri semakin mesra saat hubungan seks. Bahkan, tak sedikit wanita yang mengaku senang mendapatkan ciuman dari pasangan mereka saat bercinta.

Namun tak hanya menyenangkan, ciuman juga bisa menjaga kesehatan gigi. Dr Sivan Finkel, dari kedokteran gigi estetis di Dental Parlor, New York City, menjelaskan, kegiatan ini baik untuk kesehatan mulut dan gigi.

Pasalnya, hal ini disebabkan karena adanya peningkatan produksi air liur yang dihasilkan saat berciuman. "Berciuman menstimulasi kelenjar liur kita, dan air liur dapat bantu menjaga keasaman dalam mulut," papar Finkel.

Dilansir dari The List, asam yang terbentuk dalam mulut terbentuk akibat bakteri mulut yang memecah karbohidrat. Selain itu, air liur juga mengandung senyawa yang bertugas membunuh bakteri jahat di mulut.

Meski baik untuk kesehatan mulut dan gigi, bukan berati Anda tidak menyikat gigi. Finkel pun menyarankan untuk rutin menyikat gigi dan menjaga kebersihan gigi serta mulut. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya pertukaran kuman.

Oleh karena itu, sebelum berciuman Finkel menekankan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulutnya. "Bakteri penyebab kerusakan rongga mulut juga bisa ditransfer melalui ciuman, beberapa bakteri berbahaya itu juga bisa menyebabkan penyakit gusi," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8061 seconds (0.1#10.140)