Mengenal Manfaat Kalsium dan Fungsinya Bagi Tumbuh Kembang Anak

Selasa, 24 Oktober 2023 - 19:04 WIB
loading...
Mengenal Manfaat Kalsium dan Fungsinya Bagi Tumbuh Kembang Anak
Ada banyak manfaat kalsium dan fungsinya yang berperan besar dalam membantu tumbuh kembang buah hati Anda. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Ada banyak manfaat kalsium dan fungsinya yang berperan besar dalam membantu tumbuh kembang buah hati Anda.

Anak yang tumbuh sehat, aktif dan tinggi optimal sesuai tahap usianya, menjadi keinginan bagi setiap orang tua. Untuk menunjang pertumbuhannya, diperlukan pemberian nutrisi yang sesuai usianya.

Salah satu kandungan nutrisi yang penting dan wajib ada di asupan harian si kecil adalah kalsium. Mineral satu ini cukup penting untuk membangun gigi dan tulang yang kuat di periode masa pertumbuhan yaitu dari masa kanak-kanak hingga remaja.

Anda bisa mendapatkan asupan tersebut melalui susu tinggi kalsium . Susu tinggi kalsium sering kali jadi pilihan banyak orangtua untuk diberikan kepada si kecil. Pasalnya, susu disukai anak-anak sehingga mereka lebih mudah mendapatkan kebutuhan kalsium melalui minuman satu ini.

Yuk, ketahui manfaat penting susu tinggi kalsium dan fungsinya bagi anak!



1. Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Si Kecil

Susu tinggi kalsium bisa menjadi nutrisi tambahan bagi anak-anak karena di masa tumbuh kembang, jaringan tubuhnya sedang berkembang secara pesat. Jika anak mengonsumsi susu protein sesuai kebutuhan, maka akan mengurangi risiko gangguan pertumbuhan, seperti stunting.

Dengan catatan, anak-anak juga harus mengonsumsi nutrisi penting lain secara seimbang agar tumbuh kembangnya lebih maksimal, ya moms!

2. Mengoptimalkan Tinggi Badan Anak

Proses pertumbuhan tinggi badan si kecil biasanya terjadi saat masih kanak-kanak. Sebuah studi klinis menunjukkan bahwa 60% tinggi saat dewasa tercapai di 5 tahun pertama kehidupan anak.

Pertumbuhan tinggi badan yang optimal didukung dengan asupan nutrisi dengan kandungan kalsium yang cukup terutama di masa pertumbuhan si kecil. Selain asupan nutrisi, istirahat cukup dan stimulasi yang tepat juga diperlukan.

3. Mendukung Perkembangan Otot dan Sistem Saraf

Kalsium berperan dalam proses mendistribusikan sinyal dalam saraf otak dan mendukung kontraksi otot. Manfaat ini memberikan dampak bagi fungsi kognitif sang buah hati. Pasalnya, sistem saraf yang sehat biasanya akan membuat anak lebih mudah menerima dan mencerna informasi.

4. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Di dalam tubuh manusia, kalsium lebih banyak berada di tulang. Namun, bagian tubuh yang lain juga memerlukan kalsium. Bila jumlahnya tidak cukup untuk bisa mencapai bagian lain, tubuh akan menarik kalsium yang ada di tulang agar kebutuhannya bisa terpenuhi.

Bila kondisi ini terus berlangsung, tulang akan kekurangan kalsiumnya dan memberikan dampak negatif seperti tulang mudah patah dan rapuh. Oleh karena itu, penting untuk memberikan susu tinggi kalsium kepada si kecil agar kepadatan tulangnya bisa terjaga dan mencegah osteoporosis di kemudian hari.



5. Sebagai Sumber Energi Tambahan untuk Anak

Menurut penelitian, susu tinggi kalsium berperan sebagai sumber energi yang dapat mendukung aktivitas sehari-hari. Ini karena di dalamnya juga mengandung beragam nutrisi lain yang tak kalah penting, salah satunya adalah karbohidrat.

Seperti yang diketahui, karbohidrat merupakan zat gizi makro yang berperan untuk menambah energi. Manfaat ini juga tak hanya berasal dari karbohidrat saja, tetapi juga kandungan protein di dalam susu tersebut.

Mengacu pada namanya, susu kalsium merupakan susu yang mengandung protein tinggi yang penting untuk membangun serta memelihara sel-sel dan jaringan tubuh. Susu juga berperan sebagai sumber energi guna mendukung tubuh agar tetap fit dan bugar, tentunya dengan diimbangi oleh pola hidup sehat dan aktif.

Itulah beberapa manfaat penting susu tinggi kalsium pada anak. Yuk, dukung tumbuh kembang si kecil dengan memberikan susu tinggi kalsium terbaik, Hi Lo! Dapatkan susu Hi Lo dengan harga terjangkau di AladinMall sekaligus gratis ongkir tanpa batas!

Penasaran? Makanya, download aplikasi AladinMall di Google Play Store dan App Store supaya nggak ketinggalan promo menarik yang berlangsung setiap harinya!
(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1411 seconds (0.1#10.140)