500 Warga Bogor Gelar Yoga Bersama, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Minggu, 29 Oktober 2023 - 19:00 WIB
loading...
A A A

5. Mengurangi Nyeri Punggung


Yoga yang dilakukan secara rutin dapat meredakan nyeri punggung. Aktivitas fisik ini dinilai sama efektifnya dengan jenis peregangan lain yang dapat membantu penderita nyeri punggung lebih mudah bergerak. Yoga terbukti dapat meningkatkan peregangan pada tulang belakang dan memperbaiki postur tubuh. Selain itu, yoga juga bermanfaat meredakan nyeri kronis yang disebabkan cedera, arthritis, hingga nyeri akibat migrain.



6. Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh


Yoga dapat meningkatkan keseimbangan dan kelenturan tubuh. Di mana, secara tidak langsung hal ini dapat menurunkan risiko mengalami cedera. Aktivitas fisik ini akan membantu dalam memiliki tubuh yang lebih lentur. Bahkan, lansia yang rutin melakukan yoga mengalami peningkatan fleksibilitas hampir empat kali lipat karena otot-otot dan ligamen akan meregang selama melakukan yoga.

7. Menjaga Kesehatan Jantung dan Paru-Paru


Orang yang rutin melakukan yoga selama bertahun-tahun diketahui memiliki tekanan darah dan denyut nadi lebih rendah daripada orang yang tidak melakukan yoga. Tekanan darah tinggi merupakan salah satu pemicu penyakit jantung. Selain jantung, manfaat yoga juga berkaitan dengan kesehatan paru-paru. Yoga memiliki teknik pernapasan khusus (pranayama) yang meningkatkan fungsi vital paru-paru sehingga dapat melancarkan sistem pernapasan.

Sadar akan pentingnya manfaat kesehatan, Irene Tanihaha mengajak 500 warga Bogor untuk yoga bersama di Bogor Creative Center, Jawa Barat. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk hidup lebih sehat dan aktif.

Acara ini semakin meriah dengan kehadiran UMKM. Sebelumnya, Irene juga menggelar kegiatan jalan sehat sepanjang 5 kilometer. Kegiatan ini bertepatan dengan peluncuran Habuds, aplikasi kebugaran dan penyerahan rekor MURI.

Melalui aplikasi ini, Irene yang terinspirasi dari sang ibu yang gemar olahraga ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk hidup lebih sehat.



"Yoga menjadi olahraga yang sangat tepat, mengingat manfaat yoga cukup banyak di antaranya memperlancar peredaran darah sehingga bisa mengurangi penyakit resiko degeneratif seperti penyakit jantung, diabetes, hipertensi, stroke dan lainnya," jelas Irene melalui siaran resminya.

"Kita ingin para warga Bogor bisa terhindar dari penyakit degeneratif. Selain olahraga juga menjadi ajang refreshing, berkumpul bersama warga lain jadi bisa menambah mood booster dan kebahagiaan untuk dirinya," pungkasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2671 seconds (0.1#10.140)