Manfaat Makan Pisang Saat Sarapan

Rabu, 13 September 2017 - 05:08 WIB
Manfaat Makan Pisang Saat Sarapan
Manfaat Makan Pisang Saat Sarapan
A A A
JAKARTA - Sarapan menjadi penting, khususnya mereka yang banyak melakukan aktivitas di pagi hari. Ini karena sarapan merupakan asupan gizi pertama dan fungsi fisiologis . Utamanya adalah untuk mengakhiri puasa di malam hari dengan menyediakan nutrisi yang tepat bagi tubuh.

Berbagai studi telah membahas manfaat sarapan dengan nutrisi seimbang, di mana berpengaruh pada kesehatan. Saat sarapan, maka akan memenuhi 15-30 % kebutuhan sehari-hari.

Ahli Gizi Dr Samuel Oetoro Ms Sp GK mengatakan sarapan sehat yakni sarapan yang didalamnya mengandung karbohidrat yang kompleks. Salah satunya mengkonsumsi pisang.

"Pisang itu kebaikannya banyak karena karbohidratnya cukup tinggi. Karena pisang memiliki vitamin B yang tinggi dan itu sangat baik untuk sarapan pagi," kata Dr Samuel di Jakarta.

Untuk mengkonsumsinya disarankan agar tidak memilih pisang yang sudah terlalu matang. Sebab, justru tidak baik untuk kesehatan karena kurangnya karbohidrat yang tinggi. "Pilih pisang yang jangan terlalu tinggi yang mengandung glukosanya," ujar dia.

Agar semakin menyehatkan, sarapan bisa diseimbangkan dengan memilih protein tinggi. Salah satunya makan telur dan ikan yang menyimbangkan gizi dan baik saat memulai aktivitas. "Atau bisa diganti minum susu biar lebih bergizi," tukasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4571 seconds (0.1#10.140)