Apakah Stres Bisa Menyebabkan Stroke? Begini Penjelasannya

Sabtu, 04 November 2023 - 12:12 WIB
loading...
A A A
Stres juga bisa memicu perilaku tidak sehat yang bisa meningkatkan risiko stroke, seperti merokok, minum alkohol berlebihan dan kurang tidur. Perilaku-perilaku ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan lain yang berkaitan dengan stroke, seperti kolesterol tinggi, diabetes, obesitas, dan penyakit jantung.

Beberapa penelitian telah membuktikan hubungan antara stres dan stroke. Sebuah penelitian dari University of Michigan menemukan bahwa pria yang secara psikologis reaktif terhadap stres (diukur dari tekanan darah tinggi) lebih rentan menderita stroke sebanyak 72 persen.

Dilansir dari laman EurekAlert, penelitian lain dari China mengamati enam studi dengan 138.782 partisipan dan menemukan bahwa stres bisa meningkatkan risiko stroke sampai 22 persen. Terutama jenis stroke akibat penyumbatan pembuluh darah.

Gangguan mental juga bisa menjadi salah satu bentuk stres yang bisa menyebabkan stroke. Gangguan mental adalah kondisi psikologis yang mempengaruhi suasana hati, pikiran, dan perilaku seseorang.

Oleh karena itu, penting untuk mengelola stres dengan baik agar tidak menjadi penyebab stroke. Salah satunya dengan cara mencari dukungan sosial dari keluarga, teman, atau profesional kesehatan mental.
(okt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2213 seconds (0.1#10.140)