5 Manfaat Semangka, Buah yang Dikaitkan dengan Simbol Perlawanan Palestina

Senin, 06 November 2023 - 04:59 WIB
loading...
5 Manfaat Semangka, Buah yang Dikaitkan dengan Simbol Perlawanan Palestina
Semangka menjadi viral karena dikaitkan dengan perlawanan Palestina. Namun, di balik itu semua, semangka memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Foto/ webmd.
A A A
JAKARTA – Semangka tengah menjadi viral karena dikaitkan dengan perlawanan Palestina. Namun, di balik itu semua, semangka memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Semangka diyakini pertama kali dibudidayakan lebih dari 4.000 tahun yang lalu di Timur Laut Afrika.

Rasanya manis dan berair, menjadikan buah dengan warna hijau, merah, hitam ini sebagai suguhan sempurna untuk melepas dahaga, termasuk bagi orang-orang yang bepuasa atau dikala musim panas. Dikutip dari WebMD pada Senin (6/11/2023), berikut manfaat semangka.


Manfaat Semangka untuk kesehatan

1. Atasi Kanker dan Diabetes

Warna merah pada semangka berasal dari likopen, antioksidan. Studi menunjukkan likopen dapat membantu mengurangi risiko kanker dan diabetes. Untuk menambah likopen, pilihlah semangka dengan daging berwarna merah cerah, bukan kuning atau oranye. Dan semakin matang, semakin bagus.

2. Melindungi Sendi

Semangka memiliki pigmen alami yang disebut beta-cryptoxanthin yang dapat melindungi sendi dari peradangan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa seiring berjalannya waktu, hal ini dapat menurunkan kemungkinan terkena rheumatoid arthritis.

3. Membuat Jantung Lebih Sehat

Semangka kaya akan asam amino yang disebut citrulline yang dapat membantu mengalirkan darah ke seluruh tubuh dan dapat menurunkan tekanan darah.

Gaya hidup juga mempengaruhi kesehatan jantung. Jadi pastikan Anda juga berolahraga, tidak merokok, membatasi lemak jenuh, dan mengikuti anjuran dokter.


4. Kesehatan Mata

Hanya satu irisan semangka berukuran sedang memberi Anda kandungan 9-11% vitamin A yang dibutuhkan setiap hari. Nutrisi ini menjadi salah satu kunci menjaga kesehatan mata.

5. Menenangkan Kulit

Vitamin A, B6, dan C dalam semangka membantu kulit tetap lembut, halus, dan kenyal. Karena mengandung banyak air, melon juga bisa menjadi masker wajah yang bagus.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2227 seconds (0.1#10.140)