Puasa Intermiten Bantu Penderita Diabetes Tipe 2 Kontrol Gula Darah

Jum'at, 10 November 2023 - 07:00 WIB
loading...
Puasa Intermiten Bantu...
Penderita diabetes tipe 2 yang membatasi asupan makanan hingga delapan jam setiap hari bisa mengontrol gula darah. Cara ini disebut puasa intermiten. Foto/ getty.
A A A
JAKARTA - Orang dengan diabetes tipe 2 yang membatasi asupan makanan hingga delapan jam setiap hari bisa menurunkan berat badan lebih banyak daripada mereka yang sengaja mengurangi asupan kalori. Cara ini disebut puasa intermiten.

Selain itu, membatasi makan hingga 8 jam setiap hari juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

Pada penelitian yang diterbitkan di JAMA Network Open dengan melibatkan 75 peserta ini secara acak melakukan salah satu dari tiga intervensi selama enam bulan.

Orang-orang dalam kelompok makan dengan waktu terbatas dapat makan apa pun yang mereka inginkan antara siang hingga jam 8 malam setiap hari. Selebihnya, mereka diperbolehkan minum air putih atau minuman nol kalori lainnya.

Baca Juga: Angkat Beban Bisa Sebabkan Turun Berok? Berkaca Kasus Atta Halilintar

Penulis studi Krista Varady, PhD, seorang profesor nutrisi di University of Illinois Chicago, mengatakan jendela makan khusus ini membantu orang tetap menjalankan pola puasa, yang mendukung penurunan berat badan.

“Kami memilih jam 12 siang hingga 8 malam agar masyarakat dapat terus makan malam bersama keluarga atau menghadiri acara sosial di malam hari,” katanya kepada Healthline.

Orang-orang dalam kelompok makan dengan waktu terbatas mengalami penurunan berat badan lebih banyak selama enam bulan dibandingkan peserta yang diminta mengurangi asupan kalori hariannya hingga seperempatnya.

Rata-rata, orang-orang dalam kelompok makan dengan waktu terbatas kehilangan 4,3% berat badan mereka, yang sedikit lebih besar dari jumlah penurunan berat badan peserta dalam uji coba sebelumnya yang membatasi makan mereka hingga 8 atau 10 jam. Namun uji coba sebelumnya memakan waktu kurang dari 6 bulan.

Jumlah ini juga serupa dengan penurunan berat badan sebesar 5,2% dalam sebuah penelitian terhadap orang-orang yang melakukan Program Pencegahan Diabetes selama setahun, program perubahan gaya hidup yang melibatkan pola makan sehat, aktivitas fisik, dan pembelajaran menghadapi stres. Program ini ditanggung oleh Medicare.

Sebaliknya, orang-orang dalam studi baru yang mengurangi asupan kalori harian mereka sebesar seperempat kehilangan sekitar 1,75% berat badan mereka selama enam bulan.

Pembatasan kalori adalah rekomendasi umum bagi penderita diabetes tipe 2 untuk membantu mereka menurunkan berat badan. Namun hal ini bisa menjadi tantangan karena mengharuskan orang untuk melacak kalori mereka.

Peserta studi baru yang melakukan pembatasan kalori bertemu dengan ahli diet di awal penelitian untuk mengembangkan rencana penurunan berat badan. Mereka juga menggunakan aplikasi untuk melacak makanan yang mereka makan setiap hari.

Mereka yang berada dalam kelompok ketiga penelitian, yang dikenal sebagai kelompok kontrol, diinstruksikan untuk menjaga berat badan dan kebiasaan makan mereka yang biasa. Semua peserta diminta untuk menjaga kebiasaan aktivitas fisik seperti biasa selama penelitian.

Para peneliti menemukan, orang yang melakukan pembatasan waktu makan atau pembatasan kalori mengalami penurunan kadar gula darah jangka panjang yang serupa, yang diukur dengan tes hemoglobin A1C (HbA1c).

Pada kedua kelompok, tingkat HbA1c menurun rata-rata sekitar 0,7 poin persentase sejak awal penelitian.

“[Penurunan] ini cukup besar,” kata Varady, seraya menunjukkan bahwa kedua kelompok tersebut memulai dengan rata-rata HbA1c sekitar 8.

“Jadi jika mereka melanjutkan diet [makan dengan batasan waktu] hingga satu tahun, mereka mungkin benar-benar mencapai remisi diabetes,” katanya.

Remisi diabetes adalah ketika kadar HbA1c berada di bawah 6,5% selama minimal 3 bulan setelah seseorang menghentikan pengobatan diabetesnya.

Orang-orang dalam kelompok makan dengan waktu terbatas juga lebih mudah mengikuti aturan tersebut. Selama 6 bulan, mereka yang berada dalam kelompok ini terjebak dengan jendela makan 8 jam pada 87% harinya.

Baca Juga: Tenaga Medis di Gaza Mulai Alami Lelah Mental dan Fisik

Sebaliknya, kelompok pembatasan kalori memenuhi target kalori harian mereka sebanyak 68%.

Peserta tidak melaporkan efek samping yang serius selama penelitian. Selain itu, kejadian gula darah rendah (hipoglikemia) dan gula darah tinggi (hiperglikemia) serupa pada ketiga kelompok.

Sementara, sebuah studi pada 2022 menemukan hubungan antara puasa intermiten dan perilaku gangguan makan di kalangan remaja dan dewasa muda, lintas gender, namun dengan hubungan yang lebih konsisten di kalangan wanita.

“Untuk mengurangi risiko, individu harus berkonsultasi dengan ahli diet terdaftar sebelum melakukan puasa intermiten,” kata Barth-Nesbitt.
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Dokter Ungkap Bahaya...
Dokter Ungkap Bahaya Sering Melewatkan Sarapan, Risiko Diabetes Bisa Meningkat
Kebiasaan Duduk Lama...
Kebiasaan Duduk Lama Bisa Sebabkan Diabetes, Ini Penjelasan Dokter!
Penderita Diabetes Sebaiknya...
Penderita Diabetes Sebaiknya Hindari Konsumsi Semangka, Ini Alasannya!
Jangan Salah, Gula dari...
Jangan Salah, Gula dari Buah Juga Bisa Memicu Diabetes Semakin Parah
Bukan Sekadar Tradisi!...
Bukan Sekadar Tradisi! Ini Manfaat Puasa Mutih yang Dilakukan Syifa Hadju sebelum Menikah
Budi Gunadi Sadikin...
Budi Gunadi Sadikin Ungkap Bahaya Boba: 1 Porsi Setara 150 Kalori dan 10 Gram Gula
Peneliti Universitas...
Peneliti Universitas Jember Buktikan Tanaman Liar Kalimantan Efektif Turunkan Gula Darah
Inovasi Terbaru Novo...
Inovasi Terbaru Novo Nordisk untuk Diabetes Tipe 2 Disetujui FDA AS
Bukti Klinis Tunjukkan...
Bukti Klinis Tunjukkan mGanik Metafiber Efektif Tekan Gula Darah Postprandial 34 Persen
Rekomendasi
Harga Pertamax Melejit...
Harga Pertamax Melejit Jadi Rp16.250, Kelas Menengah Kian Terjepit
Wajah Baru Lapas Indonesia,...
Wajah Baru Lapas Indonesia, Dirjen Pemasyarakatan: Tak Lagi Sekadar Penjara
MBG Perlu Dilanjutkan...
MBG Perlu Dilanjutkan dengan Evaluasi, Perbaikan Tata Kelola, dan Efisiensi Anggaran
Berita Terkini
Menjelang 75 Tahun,...
Menjelang 75 Tahun, Kak Seto Beberkan 7 Kunci Hidup Sehat dan Bahagia untuk Lansia
Hadir di Jakarta Fair...
Hadir di Jakarta Fair 2026, KARA Rayakan Kekayaan Rasa Kelapa Lintas Generasi
Wamenkes Dante Ingatkan...
Wamenkes Dante Ingatkan Ancaman Aging Population, Lansia Indonesia Capai 12 Persen
16 Seniman Kontemporer...
16 Seniman Kontemporer Indonesia Boyong Skena Seni Jakarta ke Jepang
Mitos atau Fakta Golongan...
Mitos atau Fakta Golongan Darah O Rentan Kolesterol Tinggi? Ini Penjelasan Pakar IPB
Pianis Dunia Rueibin...
Pianis Dunia Rueibin Chen Akan Tampil di Jakarta, Bawakan Mahakarya Brahms
Infografis
Pemanis Alami Pengganti...
Pemanis Alami Pengganti Gula yang Cocok untuk Penderita Diabetes
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved