Kate Moss, Masih Eksis dan Profesional di Usia 43 Tahun

Jum'at, 03 November 2017 - 14:30 WIB
Kate Moss, Masih Eksis dan Profesional di Usia 43 Tahun
Kate Moss, Masih Eksis dan Profesional di Usia 43 Tahun
A A A
KATE Moss yang berusia 43 tahun tetap menyandang status sebagai supermodel papan atas dunia. Meski kini tidak aktif di peragaan busana, Kate menjalankan berbagai bisnis yang membuat namanya tetap eksis di industri modeling.

Model bernama lengkap Katherine Ann Moss ini lahir pada 16 Januari 1974 di Croydon, London, Inggris. Dia merupakan putri pasangan Linda Rosina, seorang pelayan bar, dan Peter Edward Moss, seorang karyawan perusahaan penerbangan.

Jika model lain ditemukan di pusat perbelanjaan, Kate ditemukan Sarah Doukas, pendiri agensi Storm Models, di Bandara JFK pada 1988. Saat itu umur Kate baru 14 tahun seusai berlibur dari Jamaika. Doukas lantas mengajak Kate untuk terjun ke dunia modeling.

"Kate memiliki tulang pipi sempurna dan simetris. Fakta bahwa Kate memiliki senyum yang tidak sempurna juga bagian dari daya tariknya dan membuatnya agak berbeda dari model lain," ujar Doukas dilansir dailymail.co.uk.

Kate pun memulai kariernya di industri modeling pada 1990-an sebagai bagian dari pergerakan model Heroin Chic. Dia dikenal karena gaya mode Waifish yang menjadi tampilan karakternya. Dia juga dikenal sebagai antisupermodel karena memiliki postur tubuh yang kurus dan tidak terlalu tinggi. Hal inilah yang membedakannya dengan model lainnya, seperti Cindy Crawford, Elle Macpherson, Claudia Schiffer, dan Naomi Campbell.

Karier Kate dimulai ketika dia menjadi model majalah The Face. Saat itu dia berpose di balik bidikan kamera fotografer fashion, Corinne Day. Tidak hanya itu, Kate juga terkenal setelah menjadi model kampanye iklan pakaian dalam Calvin Klein saat berumur 17 tahun. Sejak saat itu, nama Kate Moss terus meroket.

"Pada umur 19 tahun, Kate berhasil tampil di sampul depan majalah Vogue UK. Ini menjadikannya sebagai model termuda yang pernah tampil di sampul depan Vogue," ujar Doukas.

Di usianya yang masih muda, Kate telah menjadi model puluhan sampul majalah dunia, seperti Vogue Inggris, Vogue Amerika Serikat, Vogue Prancis, Another Man, Harper’s Bazaar, Vanity Fair, Face, dan W. Dia bahkan telah menjadi model di sampul Vogue Inggris sebanyak 30 kali.

"Kate pernah menjadi model bagi sederet rumah mode ternama, seperti Saint Laurent, Chanel, Louis Vuitton, Isabel Marant, Stuart Weitzman, Balenciaga, Versace, Dior, Mango, Roberto Cavalli, Valentino, Supreme, Gucci," sebut Doukas.

Menurut Doukas, karena banyaknya tawaran menjadi model iklan, peragaan busana, dan sampul majalah, ada ungkapan yang mengatakan bahwa Kate tidak akan bangun dari tempat tidur kalau bayarannya di bawah USD10.000 (Rp133 juta). Setelah diselidiki, ungkapan tersebut adalah fakta.

Kesuksesannya di dunia modeling membuat Kate sering bergaul dengan masyarakat kelas atas. Dia juga terkenal amat menyukai pesta dan kehidupan glamor. Pada 2005, Kate tersandung masalah. Dia tertangkap kamera sedang mengisap heroin dan kokain.

Karena masalah ini, brand besar seperti Stella McCartney, Burberry, Chanel, dan H & M membatalkan kontrak dengan Kate. Kate pun sempat berurusan dengan hukum dan lembaga rehabilitasi karena masalahnya ini. Dia pun akhirnya meminta maaf kepada semua pihak dan berhenti mengonsumsi narkoba.

Dua belas bulan setelah skandal heroin dan kokainnya, Kate kembali ke dunia modeling. Dia menandatangani 18 kontrak dengan brand ternama seperti Rimmel, Agent Provocateur, Virgin Mobile, Calvin Klein, dan Burberry.

Kate pun mulai belajar bisnis. Dia bekerja sama dengan desainer Katy England untuk merancang koleksi terbaru Topshop. "Saya juga berbisnis produk kecantikan dengan meluncurkan berbagai wewangian dan body lotion dengan nama Coty pada 2007," ujar Kate.

Berkat kerja kerasnya selama bertahun-tahun di industri modeling dan keinginan kuatnya untuk bangkit dari keterpurukan pascamasalah narkoba, Kate pun banyak mendapatkan penghargaan. Beberapa penghargaan tersebut di antaranya penghargaan Wanita Tercantik versi NME Award pada Maret 2007.

Dia masuk daftar The Supers milik MODELS.com. Pada 2012, dia mendapatkan penghargaan British Fashion Award berkat sumbangsihnya dalam industri fashion dunia selama lebih dari 25 tahun.

Pada 2012, Kate dinobatkan Forbes sebagai model dengan pendapatan tertinggi kedua di dunia, dengan pendapatan sekitar USD9,2 juta (Rp122 miliar) dalam setahun. Pada 2014, Kate dinobatkan sebagai model berpenghasilan tertinggi di Inggris. Pada 2017 ini kekayaannya ditaksir mencapai USD90 juta (Rp1,1 triliun).
(amm)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9832 seconds (0.1#10.140)