Luar Biasa! Ini 10 Manfaat Vitamin C untuk Tubuh Sehatmu

Senin, 20 November 2023 - 15:30 WIB
loading...
Luar Biasa! Ini 10 Manfaat Vitamin C untuk Tubuh Sehatmu
Manfaat vitamin C untuk tubuh sangat banyak. Satu di antaranya, meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Manfaat vitamin C untuk tubuh sangat banyak. Satu di antaranya, meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C atau asam askorbat adalah nutrisi penting yang tubuh manusia perlukan. Vitamin C merupakan vitamin larut air yang berperan dalam banyak fungsi biologis.

Sayangnya, tubuh tidak mampu memproduksi dan menyimpan vitamin C sendiri. Karena itu, Anda perlu memenuhi kebutuhan vitamin C harian dari asupan makanan. Caranya, dengan mengonsumsi makanan sehat atau meminum suplemen.

Asupan vitamin C yang cukup dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit. Vitamin C tersedia dalam bentuk tablet, kaplet, bubuk, sirup dan suntik. Sebagai informasi, berikut manfaat vitamin C untuk tubuh yang perlu kamu ketahui.

Manfaat Vitamin C untuk Tubuh





1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh


Manfaat vitamin C yang pertama adalah berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini membantu merangsang produksi dan aktivitas sel darah putih yang berperan dalam melawan infeksi dan penyakit. Tak hanya itu, Vitamin C juga bisa meningkatkan produksi antibodi, yaitu protein yang membantu melawan patogen yang masuk ke dalam tubuh.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka


Zat ini juga penting untuk produksi kolagen, yaitu protein yang merupakan komponen utama kulit, jaringan ikat, tulang dan pembuluh darah.

Kolagen membantu mempercepat penyembuhan luka dan mempertahankan integritas struktur tubuh. Tercukupinya asupan vitamin C bisa mengurangi risiko infeksi dan mempercepat pemulihan pasca operasi atau cedera.

3. Antioksidan


Vitamin C merupakan antioksidan yang sangat kuat yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas (stres oksidatif). Radikal bebas merupakan molekul tidak stabil yang bisa merusak sel-sel dan jaringan tubuh kita.

Nah, antioksidan melawan stres oksidatif dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, dan kondisi inflamasi.

4. Menjaga Kesehatan Jantung


Sebagai antioksidan, suplemen ini membantu melindungi jantung dan pembuluh darah dari kerusakan akibat radikal bebas. Mereka juga membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah, mengurangi peradangan, dan menurunkan tekanan darah.

Semua ini membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung koroner dan stroke.

5. Menjaga Kesehatan Kulit


Jenis antioksidan ini juga melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari, polusi, dan radikal bebas. Karena berkontribusi dalam produksi kolagen, memenuhi asupannya bisa menjaga kekencangan dan elastisitas kulit.



6. Membantu Penyerapan Zat Besi


Vitamin C dapat meningkatkan penyerapan zat besi non-heme, alias yang ditemukan dalam makanan nabati. Ini sangat penting untuk individu yang mengikuti diet vegetarian atau vegan yang mengandalkan sumber zat besi nabati.

7. Mengontrol Tekanan Darah


Jika punya hipertensi, cobalah menambahkan makanan kaya vitamin C ke dalam menu harian Anda. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa asupan vitamin C dapat membantu menurunkan tekanan darah, bahkan pada pasien hipertensi. Suplemen vitamin C bisa menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 4,9 mmHg (millimeter air raksa) dan diastolik sebesar 1,7 mmHg. Agar lebih optimal, imbangi dengan menurunkan asupan garam.

8. Menurunkan Kolesterol


Vitamin C memiliki manfaat bagi penderita penyakit kolesterol tinggi. Beberapa penelitian terdahulu menemukan bahwa konsumsi vitamin C sebanyak 500 miligram per hari dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida.

LDL (low-density lipoprotein) dan trigliserida merupakan kolesterol ‘jahat’ yang bisa memicu pembentukan plak pada pembuluh darah. Vitamin C membantu mencegahnya dengan menjaga kadar keduanya tetap terkendali.

9. Mencegah Penyakit Asam Urat


Penyakit asam urat dapat terjadi apabila kadar asam urat dalam darah cukup tinggi. Kemudian asam urat tersebut akan membentuk kristal yang menyebabkan nyeri pada persendian. Menariknya, khasiat vitamin C berpotensi mencegah terjadinya asam urat. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin C selama 30 hari dapat menurunkan kadar asam urat di dalam darah.

10. Mengurangi Risiko Gangguan pada Mata


Manfaat vitamin C diklaim mampu memperlambat proses terjadinya katarak dan degenerasi makula (gangguan mata akibat kerusakan bagian retina yang disebut makula). Hal ini dikarenakan katarak dan degenerasi makula terjadi akibat kerusakan protein dan matriks ekstraseluler yang kaya akan kolagen sehingga dapat dicegah dengan suplementasi vitamin C.



Jadi, selain mengonsumsi vitamin A, Anda juga bisa mengoptimalkan konsumsi vitamin C untuk menjaga kesehatan organ mata.

Itulah deretan manfaat vitamin C untuk tubuh. Dapatkan diskon 82% untuk pembelian Natural Factors Vitamin C hanya di AladinMall . Nikmati pula fasilitas Gratis Ongkir dan promo belanja hemat lainnya dengan cara men-download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store .

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3731 seconds (0.1#10.140)