5 Pola Makan Sehat untuk Penderita Diabetes, Nggak Melulu soal Jenis Lauk

Selasa, 21 November 2023 - 13:40 WIB
loading...
A A A
4. Perhatikan Porsi Makan

Porsi makan penderita diabetes tidak bisa disamakan dengan orang normal. Jika orang normal boleh mengonsumsi 10-15 sendok makan (sdm) nasi sekali makan, maka penderita diabetes hanya boleh mengonsumsi nasi sebanyak 5-7 sdm.

Selain itu, penderita diabetes juga disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks. Oleh karena itu, ganti nasi putih dengan nasi merah atau kentang sebagai asupan karbohidrat.

5. Batasi Konsumsi Gula Murni

Pantangan utama bagi penderita diabetes adalah menghindari gula murni, atau makanan yang mengandung zat ini. Seperti misalnya gula pasir, gula merah, permen, dan pemanis buatan lainnya. Padahal, makanan manis dipercaya dapat mengembalikan mood baik seseorang.

Solusinya, Anda bisa menggunakan pemanis khusus penderita diabetes yang lebih aman dan tidak menimbulkan komplikasi lebih lanjut. Anda juga bisa minum susu khusus diabetes sebagai pengganti camilan.

Mungkin Anda berpikir kalau produk tersebut dibanderol dengan harga yang mahal. Padahal, kalau belinya di AladinMall bisa dapat harga super hemat sekaligus gratis ongkir tanpa batas! Makanya, download aplikasinya di Google Play dan App Store buat belanja sekarang juga sebelum kehabisan!
(tdy)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5435 seconds (0.1#10.140)