Diet Kaya Antioksidan Dapat Meningkatkan Risiko Kanker Usus
Jum'at, 07 Agustus 2020 - 09:11 WIB
loading...
Diet antioksidan dipercaya sangat penting bagi tubuh dan sangat membantu dalam banyak hal, mencegah risiko penyakit, membantu fungsi tubuh, membantu menurunkan berat badan. Foto/Istimewa.
A
A
A
JAKARTA - Diet antioksidan dipercaya sangat penting bagi tubuh dan sangat membantu dalam banyak hal. Antioksidan adalah senyawa yang mengurangi aktivitas radikal bebas dalam tubuh, yang mencegah risiko penyakit, membantu fungsi tubuh yang baik, dan dapat membantu menurunkan berat badan atau bahkan mengobati penyakit tertentu.
Makanan kaya antioksidan selalu dipandang positif, namun hal itu dapat berubah setelah penelitian ini. Menurut laporan, makanan kaya antioksidan seperti teh hitam, coklat, atau blueberry dapat meningkatkan risiko kanker tertentu, termasuk kanker kolorektal berdasarkan studi baru dari Universitas Hebrew. Profesor Yinon Ben-Neriah di Pusat Lautun untuk Penelitian Imunologi dan Kanker Universitas Hebrew Yerusalem (HU) dan timnya menemukan bahwa mutasi kanker tidak selalu selalu buruk.
Dalam lingkungan mikro tertentu seperti usus, mutasi ini sebenarnya dapat membantu tubuh melawan kanker, bukan menyebarkannya. Namun, jika dan ketika mikrobioma usus menghasilkan tingkat metabolit yang tinggi, seperti yang ditemukan dalam makanan kaya antioksidan, ia dapat bertindak sebagai lingkungan yang menguntungkan untuk bermutasi gen dan dapat memajukan pertumbuhan kanker usus. (Baca juga: Dari Telur Dadar hingga Gurita, Selena Gomez Disibukkan Acara Memasak ).
Studi ini dipublikasikan di majalah Nature. Mengingat mikroba mind-gut, para peneliti mengambil lebih dekat sebagai kanker gastrointestinal. Mereka menemukan alasan mengapa hanya 2% dari kanker ini berasal dari usus kecil, sementara sekitar 98% di usus besar - bakteri usus. Usus kecil mengandung sangat sedikit bakteri usus, sedangkan usus besar mengandung jumlah utama.
"Para ilmuwan mulai lebih memperhatikan peran mikrobioma usus dalam kesehatan kita: baik efek positifnya maupun, dalam hal ini, peran mereka yang kadang-kadang berbahaya dalam membantu dan menghadapi penyakit," jelas Ben-Neriah dilansir dari Times Now News.
Makanan kaya antioksidan selalu dipandang positif, namun hal itu dapat berubah setelah penelitian ini. Menurut laporan, makanan kaya antioksidan seperti teh hitam, coklat, atau blueberry dapat meningkatkan risiko kanker tertentu, termasuk kanker kolorektal berdasarkan studi baru dari Universitas Hebrew. Profesor Yinon Ben-Neriah di Pusat Lautun untuk Penelitian Imunologi dan Kanker Universitas Hebrew Yerusalem (HU) dan timnya menemukan bahwa mutasi kanker tidak selalu selalu buruk.
Dalam lingkungan mikro tertentu seperti usus, mutasi ini sebenarnya dapat membantu tubuh melawan kanker, bukan menyebarkannya. Namun, jika dan ketika mikrobioma usus menghasilkan tingkat metabolit yang tinggi, seperti yang ditemukan dalam makanan kaya antioksidan, ia dapat bertindak sebagai lingkungan yang menguntungkan untuk bermutasi gen dan dapat memajukan pertumbuhan kanker usus. (Baca juga: Dari Telur Dadar hingga Gurita, Selena Gomez Disibukkan Acara Memasak ).
Studi ini dipublikasikan di majalah Nature. Mengingat mikroba mind-gut, para peneliti mengambil lebih dekat sebagai kanker gastrointestinal. Mereka menemukan alasan mengapa hanya 2% dari kanker ini berasal dari usus kecil, sementara sekitar 98% di usus besar - bakteri usus. Usus kecil mengandung sangat sedikit bakteri usus, sedangkan usus besar mengandung jumlah utama.
"Para ilmuwan mulai lebih memperhatikan peran mikrobioma usus dalam kesehatan kita: baik efek positifnya maupun, dalam hal ini, peran mereka yang kadang-kadang berbahaya dalam membantu dan menghadapi penyakit," jelas Ben-Neriah dilansir dari Times Now News.
Lihat Juga :