alexa snippet

Taman Rumah Membosankan? Coba Dekor Ulang Seperti Ini

Taman Rumah Membosankan? Coba Dekor Ulang Seperti Ini
Taman memanfaatkan pencahayaan up lighting. Foto/IST
A+ A-
PERNAH Anda merasakan halaman rumah seperti taman menjadi area yang terkesan tidak berfungsi dan jauh dari nyaman? Bila ini dirasakan, ada baiknya sempatkan waktu untuk mendekorasi ulang.

Dari fungsinya, taman paling pas dijadikan area beristirahat saat pagi dan malam hari. Tidak hanya sejuk, taman yang indah mampu menciptakan hati dan pikiran yang menenangkan ketika penghuni rumah penat. Karena kebutuhan itulah, taman bisa menjadi salah satu area di rumah yang beragam.

Salah satu yang diminati adalah tipe taman dengan estetika perpaduan bunga warna-warni serta pencahayaan yang berfungsi baik. Penghuni yang punya karakter romantis mungkin cocok dengan tipe seperti ini.  "Sebenarnya, rancangan taman tertentu malah lebih maksimal bila dinikmati pada malam hari. Cara yang paling sederhana untuk bisa menikmati taman pada malam hari dengan menambahkan sistem pencahayaan. Nah, di sini kita bisa menggunakan cara sederhana seperti menggunakan lilin, obor, dan lampu taman sederhana," kata arsitek lanskap Herlin Wibowo.

Terkadang pencahayaan dengan menggunakan lilin dan obor bisa menciptakan suasana yang lebih spesial karena tampak lebih natural, temaram, dan tenang. Beberapa jenis lilin dan obor juga bisa menghasilkan wangi-wangian yang dapat memperkaya suasana di dalam taman menjadi lebih natural.

"Pencahayaan taman dengan lampu memang bisa memberikan efek yang lebih beragam walaupun memang tentunya lebih teknis dan mahal. Tapi kalau diterapkan dengan tepat, pendekatan ini sangat masuk akal," papar Herlin.

Pemanfaatan cahaya lampu taman yang paling sering digunakan adalah up lighting atau pencahayaan dari bawah ke atas, biasanya sering digunakan sebagai pencahayaan pada tanaman. Tapi masih bisa digunakan untuk menerangi pencahayaan lainnya sehingga menjadi aksen menarik, seperti accent lighting, crossligting, atau spotlighting.

Herlin pun menambahkan, cara lain menjadikan elemen taman aksen adalah dengan membuat siluet dengan menyorotkan lampu dari belakang. Lampu juga bisa membentuk ruangan dengan penyorotan dari bawah atau ke bidang tertentu sehingga di bidang tersebut membentuk seperti ruang.

Tekstur dinding juga bisa dimunculkan dengan teknik grazing dan vista lighting, bila di bagian tembok ada tekstur yang mengkilat, seperti permukaan air kolam, bisa menggunakan efek mirroring untuk memperindah taman.

Pendekatan lainnya lewat memilih jenis tanaman untuk bisa menunjang performa estetika taman pada malam hari. Taman dengan warna muda pucat daun maupun bunganya akan mengangkat keberadaan taman menjadi lebih bernilai. Anda pun bisa melepas penat di taman belakang pada malam hari.
(amm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top