5 Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan, Jaga Saluran Cerna hingga Turunkan Risiko Sakit Jantung

Kamis, 23 November 2023 - 10:20 WIB
loading...
5 Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan, Jaga Saluran Cerna hingga Turunkan Risiko Sakit Jantung
Buah apel tidak hanya lezat, tapi juga memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Buah apel tidak hanya lezat, tapi juga memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Dalam buah apel terdapat serat alami, pektin, kalsium, magnesium, zinc, zat besi, serta potassium.

Beberapa manfaat buah apel adalah menurunkan risiko penyakit jantung hingga menjaga berat badan. Dengan kandungan serat yang cukup tinggi, buah berbentuk agak bulat ini mampu membantu melindungi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Berikut manfaat buah apel untuk kesehatan, yang dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (23/11/2023).


Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan

1. Baik untuk Saluran Pencernaan

Buah apel mengandung serat larut maupun serat tidak larut. Serat diketahui dapat membantu melindungi kesehatan saluran pencernaan hingga mendukung kesehatan jantung.

2. Jaga Sistem Kekebalan Tubuh

Buah apel merupakan sumber vitamin serta mineral yang signifikan seperti vitamin C, potasium, dan vitamin K. Vitamin C mampu membantu sistem kekebalan tubuh, lalu potasium penting untuk otot dan menjaga keseimbangan cairan.

3. Menjaga Berat Badan

Apel termasuk camilan yang mengandung kalori cukup rendah serta kaya akan air. Mengonsumsi apel sebagai camilan bisa memberikan rasa kenyang tanpa menambah banyak kalori, sehingga membantu menjaga berat badan yang sehat.

4. Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Memakan buah apel dapat terkait dengan penurunan risiko penyakit jantung. Kandungan serat dan antioksidannya bisa mendukung penurunan kolesterol maupun tekanan darah.


5. Menjaga Kesehatan Otak

Menurut beberapa penelitian, mengonsumsi buah apel terkait dengan penurunan risiko penyakit alzheimer. Kandungan antioksidan dalam buah apel bisa menjaga sel-sel otak dari kerusakan.

Dengan kandungan nutrisi yang kaya serta beragam manfaat tersebut, tidak heran jika buah apel dapat melindungi tubuh agar tetap sehat dan bugar. Maka itu, seringlah mengonsumsi apel untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal. MG/Sabrina Amyra Aziz
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1754 seconds (0.1#10.140)