Siloam Hospitals Manado Dorong Adanya Pemahaman tentang Diabetes dan Vaksinasi Pneumonia

Rabu, 29 November 2023 - 10:10 WIB
loading...
Siloam Hospitals Manado Dorong Adanya Pemahaman tentang Diabetes dan Vaksinasi Pneumonia
Memperingati World Diabetes Day pada November ini, Siloam Hospitals Manado menggelar Patients and Family Gathering bertajuk Kenali Risikomu, Kenali Tanggapanmu di Grand Whiz Hotel pada Sabtu (25/11/2023). Foto/Istimewa
A A A
MANADO - Memperingati World Diabetes Day pada November ini, Siloam Hospitals Manado menggelar Patients and Family Gathering bertajuk Kenali Risikomu, Kenali Tanggapanmu di Grand Whiz Hotel pada Sabtu (25/11/2023).

Spesialis Penyakit Dalam, Konsultan Metabolik dan Diabetes dr Olivia C. Walewangko, SpDP-KEMD, FINASIM menjelaskan, Siloam Hospitals Manado mengacu pada tantangan diabetes internasional.

"Mengetahui dan memahami tanggapan kita terhadap situasi, memungkinkan kita untuk mencegah atau mengelolanya. Diabetes adalah masalah global, dan sayangnya, Indonesia secara konsisten masuk dalam 10 besar negara dengan jumlah penderita diabetes tertinggi di dunia," ungkap dr Olivia.

Dijelaskan dr Olivia, hingga tahun ini, secara global Indonesia menempati peringkat ketujuh. Bila mengacu pada survei kesehatan 2019, Sulawesi Utara menduduki peringkat ketiga di Indonesia.

"Oleh karena itu, sangat penting untuk mengatasi diabetes, dan Siloam Hospitals Manado tetap berkomitmen pada kampanye tahunan," tutur dr Olivia Walewangko.

Salah satu wujud komitmen Siloam Hospitals Manado adalah hadirnya Klinik Diabetes Siloam yang menyediakan informasi dan terapi.

"Rumah sakit ini memiliki tim khusus, termasuk dokter umum, spesialis, konsultan, perawat diabetes, ahli gizi, dan spesialis gizi klinis. Tim tersebut melakukan edukasi reguler dan menjawab berbagai pertanyaan terkait diabetes," kata dr Olivia.

Vaksinasi Pneumonia, Langkah Tepat bagi Penderita Diabetes Melitus

Pada kesempatan yang sama, Spesialis Paru dan Konsultan Onkologi dr. Christofan Lantu, SpP(K) turut memperkenalkan vaksinasi pneumonia.

Menurut dr Christofan, meskipun vaksinasi pneumonia umumnya sudah diterapkan di kota-kota besar, namun mungkin masih kurang di Manado sehingga perlu dilakukan edukasi kepada masyarakat. Pasien yang datang ke rumah sakit untuk berkonsultasi selalu ditawarkan vaksinasi, terutama bagi mereka yang berisiko diabetes.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2299 seconds (0.1#10.140)