10 Makanan Pemicu Migrain, dari Cokelat hingga MSG

Jum'at, 01 Desember 2023 - 04:46 WIB
loading...
A A A
American Migraine Foundation mencatat bahwa hal ini dapat memicu episode migrain parah pada 10 hingga 15 persen penderita migrain. Pengawet lain juga mungkin menjadi pemicu pada beberapa orang.


6. Daging yang diawetkan

Daging yang diawetkan – termasuk daging deli, ham, hot dog, dan sosis – semuanya mengandung bahan pengawet yang disebut nitrat , yang menjaga warna dan rasa. Makanan tersebut dapat melepaskan oksida nitrat ke dalam darah, yang diduga dapat melebarkan pembuluh darah di otak.

Ada beberapa bukti bahwa oksida nitrat dapat menyebabkan atau berkontribusi terhadap migrain.

7. Keju tua

Keju tua mengandung zat yang disebut tyramine. Ini terbentuk ketika penuaan makanan menyebabkan pemecahan protein.

Semakin lama keju dituakan, kandungan tiraminnya akan semakin tinggi.

Tyramine adalah bahan kimia lain yang dikatakan memicu sakit kepala dan migrain . Keju umum yang mengandung tyramine tinggi.

8. Makanan yang diasinkan dan difermentasi

Seperti keju tua, makanan yang diasamkan dan difermentasi bisa mengandung tiramin dalam jumlah tinggi. Makanan tersebut antara lain, acar, kimchi dan kombucha (yang juga mengandung alkohol).

9. Makanan beku

Mengonsumsi makanan dan minuman beku seperti es krim atau slushies dapat memicu rasa sakit yang parah dan menusuk di kepala.

Kemungkinan besar Anda akan mengalami sakit kepala yang menjadi serangan migrain jika Anda makan makanan dingin dengan cepat, setelah berolahraga, atau saat kepanasan.



10. Makanan asin

Makanan asin – terutama makanan olahan asin yang mungkin mengandung bahan pengawet berbahaya – dapat memicu migrain pada beberapa orang.

Mengonsumsi natrium dalam kadar tinggi dapat meningkatkan tekanan darah sehingga menyebabkan sakit kepala atau serangan migrain .
(tdy)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1559 seconds (0.1#10.140)