5 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan, Turunkan Tekanan Darah hingga Cegah Kanker

Jum'at, 01 Desember 2023 - 21:30 WIB
loading...
5 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan, Turunkan Tekanan Darah hingga Cegah Kanker
Buah bit mengandung banyak nutrisi seperti serat, protein, antioksidan, potassium, vitamin C, vitamin B6, dan vitamin B9. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Buah bit merupakan buah dengan daging berwarna merah dan tumbuh di dalam tanah. Buah ini mengandung banyak nutrisi seperti serat, protein, antioksidan, potassium, vitamin C, vitamin B6, dan vitamin B9.

Memiliki lemak dan kalori yang rendah, membuat buah bit aman untuk dikonsumsi. Dengan beragam nutrisi yang dikandungnya, buah bit tentu memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ulasannya, yang dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (1/12/2023).

Manfaat Buah Bit

1. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah hingga jantung. Oleh sebab itu, kita perlu mengonsumsi buah dan sayur yang bernutrisi guna mencegah terjadinya hal tersebut. Mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan nitrat anorganik dapat mencegah risiko penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan pembentukan oksida nitrat.



Terdapat studi yang menunjukkan fakta bahwa buah bit dapat menurunkan tekanan darah hingga 3-10 mm Hg dalam beberapa jam. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan kadar oksida nitrat yang menyebabkan pembuluh darah menjadi rileks dan melebar.

2. Meningkatkan Stamina Tubuh untuk Berolahraga

Buah Bit dapat meningkatkan stamina tubuh agar mampu berolahraga lebih lama karena buah ini mengandung nitrat yang dapat meningkatkan oksigen yang bersirkulasi ke otot. Buah ini sering digunakan untuk tujuan meningkatkan stamina saat berolahraga karena adanya kandungan anorganik nitrat.

Mengonsumsi buah bit bisa memperbaiki dan meningkatkan performa dalam berlari ataupun bersepeda, meningkatkan stamina, meningkatkan penggunaan oksigen, yang pada intinya dapat menghasilkan performa olahraga yang baik.

3. Mampu Melawan Inflamasi

Buah bit mengandung betalains yang memiliki sejumlah sifat antiinflamasi. Inilah yang dapat bermanfaat untuk beberapa aspek kesehatan karena peradangan kronis berkaitan dengan beragam kondisi seperti obesitas, penyakit jantung, penyakit hati, dan kanker. Terdapat beberapa studi yang menunjukkan bahwa mengonsumsi buah bit dalam waktu tertentu mampu mengurangi beberapa tanda peradangan serta mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman.


4. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Serat yang terkandung dalam buah bit membuat buah ini bagus dikonsumsi untuk kesehatan pencernaan. Kandungan serat ini terbukti dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, membuat pencernaan teratur, serta mencegah kondisi pencernaan buruk seperti penyakit radang usus dan divertikulitis.

5. Bantu Melawan Sel Kanker

Kandungan lain yang ada pada buah bit yakni beberapa senyawa yang dapat membantu melawan sel kanker seperti betaine, asam ferulic, rutin, kaempferol, dan asam caffeic. Terdapat studi yang menunjukkan bahwa ekstrak buah bit mampu memperlambat pembelahan dan pertumbuhan sel kanker. Beberapa studi lain menunjukkan bahwa memiliki kadar betaine yang tinggi dalam darah bisa berkaitan dengan menurunkan risiko sel kanker untuk berkembang.MG/Miracle Tania
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1203 seconds (0.1#10.140)