5 Cara Mengobati Diabetes Tipe 2, Penting bagi Pemula

Senin, 04 Desember 2023 - 06:20 WIB
loading...
A A A
Secara umum, American Diabetes Association (ADA) merekomendasikan makan berbagai macam makanan kaya nutrisi, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran, buah-buahan, protein tanpa lemak, dan lemak sehat.

Selain itu, mengatur jarak makan secara merata sepanjang hari, tidak melewatkan makan jika sedang menjalani pengobatan yang dapat menyebabkan gula darah turun terlalu rendah dan tidak makan terlalu banyak.

2. Olahraga

Dokter akan mendorong Anda untuk berolahraga lebih banyak untuk membantu mengatur kadar gula darah dan berat badan serta risiko komplikasi diabetes tipe 2.

Lakukan setidaknya 150 menit latihan aerobik intensitas sedang hingga berat per minggu, yang dilakukan selama beberapa hari.

3. Pengobatan

Anda mungkin bisa mengelola gula darah hanya dengan perubahan gaya hidup. Namun seiring berjalannya waktu, banyak penderita diabetes tipe 2 memerlukan obat untuk mengatasi kondisinya.

Tergantung pada riwayat kesehatan dan kebutuhan Anda, dokter Anda mungkin akan meresepkan satu atau lebih obat yang sesuai ketentuan.

4. Obat-obatan

Dalam kebanyakan kasus, dokter akan mulai dengan meresepkan obat oral. Seiring waktu, Anda mungkin perlu menambahkan insulin atau obat suntik lainnya ke dalam rencana perawatan Anda.


5. Tes gula darah

Tujuan utama pengobatan diabetes adalah menjaga kadar gula darah Anda dalam kisaran target. Jika gula darah Anda turun terlalu rendah atau naik terlalu tinggi, hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Untuk membantu memantau kadar gula darah Anda, dokter Anda akan memerintahkan pemeriksaan darah secara teratur. Mereka dapat menggunakan tes yang dikenal sebagai tes A1C untuk menilai rata-rata kadar gula darah Anda. Dokter juga menyarankan Anda untuk memeriksa kadar gula darah Anda secara teratur di rumah.

Untuk memeriksa gula darah Anda di rumah, Anda dapat menusuk ujung jari Anda dan menguji darah Anda dengan monitor glukosa darah. Atau, Anda dapat berinvestasi di a monitor glukosa terus menerus, yang terus memantau kadar gula darah Anda menggunakan sensor kecil yang dimasukkan di bawah kulit Anda.
(tdy)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1938 seconds (0.1#10.140)