Hugh Jackman, Berjuang Melawan Kanker Kulit

Rabu, 03 Januari 2018 - 12:52 WIB
Hugh Jackman, Berjuang Melawan Kanker Kulit
Hugh Jackman, Berjuang Melawan Kanker Kulit
A A A
LOS ANGELES - Dibalik ketampanannya, siapa mengira Hugh Jackman sebenarnya tengah berjuang melawan kanker kulit yang menyerang wajah rupawannya.

Aktor yang memang berteman akrab dengan matahari sambil beraktivitas di bawahnya, seperti berenang dan berselancar ini, kini giat mengingatkan para penggemarnya untuk lebih berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruangan, terutama bagi mereka yang menyukai olahraga.

Terhitung sudah enam kali aktor asal Australia ini menjalani operasi untuk menghilangkan basal-cell carcinoma (BCC) yang dideritanya. Awal tahun lalu, BCC tersebut dihilangkan dari hidungnya. Sang aktor memperlihatkan hidungnya yang diplester seusai operasi.

“Terlihat lebih seram dengan plester yang melekat di hidung,” kata pemeran Wolverine itu dalam akun Instagramnya.

Tidak lupa, dia berterima kasih kepada tim dokter yang menanganinya dan pemeriksaan kesehatan rutin yang dilakukannya. Dia mengingatkan kepada penggemarnya untuk menghindari terpaan matahari dahulu sehabis menjalankan operasi BCC.

Aktor berusia 48 tahun ini juga menyarankan agar menggunakan kacamata hitam, sunscreen , dan pelindung lainnya guna mencegah paparan sinar UV berlebihan. Bahkan, Jackman menjadikan dirinya sebagai contoh akibat tidak melindungi diri dari sinar matahari sampai akhirnya dia terserang kanker kulit.

“BCC kanker yang cenderung ringan dibanding kanker lain, tapi tetap saja serius,” ujarnya. BCC yang juga disebut karsinoma sel basal ini memang amat jarang menyebabkan kematian. Kanker ini juga jarang menyebar ke organ lain.

Meski begitu, BCC yang tidak segera ditangani dapat tumbuh ke bawah jaringan kulit, bahkan sampai merusak dan menghancurkan jaringan otot dan tulang. “Gunakan sunscreen dan lakukan check up rutin,” pintanya kepada para fans di akun Instagram seperti dikutip Dailymail.

Ketika divonis terserang kanker kulit yang keempat dalam 18 bulan, dokternya sudah mengingatkannya bahwa besar kemungkinan dia akan mendapatkannya kembali di kemudian hari. Hanya delapan bulan setelah prosedur pengangkatan kankernya yang keempat, prediksi medis itu terbukti.

Awalnya sel kanker itu ditemukan pada November 2013, tepatnya ketika make up artist yang tengah mendandaninya melihat bercak kecil di hidungnya saat dia sedang bermain film X Men: Days of Future Past. Istrinya, Deborra-Lee Furness, memintanya segera memeriksakan diri.

Kedua kalinya, dia menemukan titik-titik kehitaman yang dia kira semacam freckle, ternyata itu adalah kanker yang muncul kembali. Kanker ketiga muncul sewaktu dia menemukan bercak di bagian hidung lagi. Jackman mengaku dia menjalani pemeriksaan kulit setiap tiga bulan sekali.

Ketika kecil, Jackman yang dibesarkan di Australia mengaku tidak pernah diingatkan sekali pun untuk mengoleskan sunscreen ketika beraktivitas di bawah matahari. Meski begitu, dia tetap berupaya selalu optimistis terkait kesehatannya. “Hikmahnya adalah bahwa penyakit ini bisa dicegah dengan check up rutin,” ucapnya. (Ari Noviarni)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3316 seconds (0.1#10.140)