Apa Itu Hipotermia? Ini Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati

Senin, 11 Desember 2023 - 15:46 WIB
loading...
Apa Itu Hipotermia? Ini Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati
Hipotermia adalah kondisi ketika tubuh kehilangan panas lebih cepat daripada produksi panasnya. Suhu tubuh normal adalah sekitar 37 derajat celsisus. Foto/Mass General Brigham
A A A
JAKARTA - Hipotermia adalah kondisi ketika tubuh kehilangan panas lebih cepat daripada produksi panasnya, sehingga menyebabkan suhu tubuh sangat rendah. Suhu tubuh normal adalah sekitar 37 derajat celsisus.

Namun, hipotermia terjadi saat suhu tubuh turun di bawah 35 derajat celsius. Ketika suhu tubuh turun, jantung, sistem saraf, dan organ lainnya tidak dapat bekerja secara normal.

Dilansir dari Mayo Clinic, Senin (11/12/2023) jika tidak diobati, hipotermia dapat menyebabkan kegagalan total pada jantung dan sistem pernapasan dan akhirnya kematian.

Cara Mengobati Hipotermia







Perawatan utama atau pengobatan untuk hipotermia adalah metode untuk menghangatkan tubuh kembali ke suhu normal. Orang yang mengalami hipotermia karena terpapar cuaca dingin atau air dingin juga rentan mengalami pembekuan jaringan tubuh, pembusukan dan kematian jariangan akibat gangguan aliran darah.

Gejala Hipotermia



Menggigil merupakan gejala pertama yang dirasakan penderita hipotermia. Ini karena pertahanan otomatis tubuh Anda terhadap suhu dingin dan upaya untuk menghangatkan diri. Berikut tanda dan gejala hipotermia lainnya.

1. Gemetaran
2. Ucapan tidak jelas atau bergumam
3. Nafas lambat dan pendek
4. Denyut nadi lemah
5. Kecanggungan atau kurangnya koordinasi
6 . Mengantuk atau energi sangat rendah
7. Kebingungan atau kehilangan ingatan
8 . Penurunan kesadaran
9. Kulit merah cerah dan dingin
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2081 seconds (0.1#10.140)