5 Makanan yang Bikin Mata Sehat Selain Wortel, dari Salmon hingga Ubi

Kamis, 14 Desember 2023 - 23:39 WIB
loading...
A A A
"Beta-karoten bermanfaat karena tubuh mengubahnya menjadi vitamin A, yang penting untuk penglihatan yang baik. Beta-karoten dalam ubi jalar membantu mata Anda menyesuaikan diri dalam cahaya rendah,” ucap Ehsani menjelaskan.


4. Kacang kenari

Kacang adalah makanan yang sangat baik untuk mata dan penglihatan yang sehat karena kaya akan nutrisi seperti vitamin E, seng, dan asam lemak omega-3.

Mereka secara khusus mengandung omega 3, asam alfa-linolenat (ALA), kata Kulp. ALA kemudian dapat diubah menjadi DHA dan EPA oleh tubuh, jadi kenari adalah sumber omega yang baik untuk vegan dan vegetarian bagi Anda yang tidak makan ikan berlemak.

ALA dalam kenari mungkin sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki masalah mata terkait diabetes. Sebagai informasi, gula darah tinggi dapat berdampak negatif pada pembuluh darah di mata sehingga makanan kaya serat yang membantu menstabilkan kadar glukosa darah dapat lebih meningkatkan kesehatan mata pada penderita diabetes.

Adapun kandungan vitamin E dan polifenol lainnya dalam kenari membantu mengurangi peradangan dan melindungi mata dari kerusakan radikal bebas. Kenari juga menyediakan seng, mineral yang sangat terkonsentrasi di retina.

5. Kuning telur

Telur mungkin menjadi pilihan yang baik untuk mendukung mata Anda. Pada bagian kuning telur tersedia jenis karotenoid yang dikenal sebagai lutein yang telah terbukti mengurangi penyakit makula terkait usia.

Adapun kandungan zeaxanthin dan karotenoid yang ditemukan dalam telur. Keduanya meningkatkan pigmen makula rendah pada orang dewasa yang lebih tua. Ini adalah salah satu faktor risiko untuk degenerasi makula terkait usia, yang menyebabkan kehilangan penglihatan secara bertahap dan terkadang lengkap dari waktu ke waktu. Kuning telur juga merupakan sumber nutrisi sehat mata lainnya seperti seng dan vitamin A.
(tdy)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2849 seconds (0.1#10.140)