Jarang Diketahui, Ini 5 Biji Buah yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Kamis, 04 Januari 2024 - 16:00 WIB
loading...
Jarang Diketahui, Ini 5 Biji Buah yang Bermanfaat untuk Kesehatan
Ada banyak biji buah yang diketahui memiliki manfaat untuk kesehatan. Salah satunya biji labu. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Ada banyak biji buah yang diketahui memiliki manfaat untuk kesehatan. Salah satunya biji buah delima.

Umumnya, seseorang menganggap bahwa manfaat dari buah bisa didapat dengan mengonsumsi dagingnya saja. Sementara bagian lain seperti kulit atau bijinya pasti segera dibuang.

Padahal, ada beberapa buah yang bijinya memiliki khasiat bagi kesehatan. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut di antaranya yang bisa diketahui.


Biji Buah yang Bermanfaat untuk Kesehatan

1. Biji Labu

Biji labu memiliki sejarah panjang dalam penggunaannya sebagai obat tradisional. Mengutip WebMD, Kamis (4/1/2023), biji buah ini menjadi sumber nutrisi yang cukup kaya, seperti vitamin hingga mineral penting.

Salah satu khasiat yang dimiliki biji labu adalah efek antiinflamasi. Kaya akan antioksidan, biji labu bisa melindungi sel-sel tubuh dari penyebab penyakit serta mengurangi peradangan.

Kemudian, biji labu juga dikatakan mampu membantu menurunkan risiko diabetes. Hal ini dikarenakan kandungan magnesium yang dapat membantu pengaturan kadar gula darah dalam tubuh.

Selain itu, biji labu dipercaya pula memiliki sifat antikanker, menjaga kesehatan jantung hingga membuat tidur seseorang menjadi lebih baik.

2. Biji Pepaya

Selain rasanya yang lezat, pepaya juga memiliki kandungan nutrisi luar biasa. Mengutip Healthline, biji pepaya mengandung berbagai mikronutrien penting.

Beberapa di antaranya kandungan polifenol dan flavonoid. Dua senyawa tersebut bisa bertindak sebagai antioksidan dan membantu meningkatkan kesehatan seseorang.

Kemudian, biji pepaya juga memiliki banyak asam lemak tak jenuh tunggal yang sehat. Tak hanya itu, kandungan seratnya yang tinggi juga dapat membantu menurunkan risiko diabetes hingga obesitas.

3. Biji Melon

Melon umumnya disukai karena memiliki rasa manis yang segar. Selain itu, ternyata biji buah tersebut juga punya beragam khasiat.

Biji melon memiliki kandungan antioksidan yang dipercaya mampu melawan radikal bebas pada tubuh. Selain itu, ada juga beragam kandungan bermanfaat lain, seperti vitamin dan mineral yang sangat baik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2060 seconds (0.1#10.140)