7 Buah yang Baik untuk Kesuburan Pria, Bantu Tingkatkan Kesehatan Sperma

Rabu, 17 Januari 2024 - 14:41 WIB
loading...
7 Buah yang Baik untuk Kesuburan Pria, Bantu Tingkatkan Kesehatan Sperma
Ada beragam buah yang baik untuk kesuburan pria. Melalui kandungannya yang bermanfaat, buah tersebut bisa membantu meningkatkan kesehatan sperma. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Ada beragam buah yang baik untuk kesuburan pria. Melalui kandungan-kandungannya yang bermanfaat, buah tersebut bisa membantu meningkatkan kesehatan dan motilitas sperma.

Kesuburan seorang suami menjadi aspek penting untuk meningkatkan peluang kehamilan bagi sang istri. Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah memperbaiki kualitas sperma.

Sperma yang sehat tentu memiliki keterkaitan dengan kesuburan. Untuk mendapatkannya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, termasuk mengonsumsi makanan sehat seperti buah.



Lalu, apa saja buah yang baik untuk kesuburan pria? Dihimpun dari berbagai sumber, Rabu (17/1/2024), berikut di antaranya yang bisa disimak.

Buah yang Baik untuk Kesuburan Pria

1. Jeruk

Jeruk adalah salah satu buah yang paling banyak disukai orang. Buah ini dikenal kaya akan kandungan vitamin C yang bermanfaat.

Mengutip Reproductive Health & Wellness Center, jeruk menjadi asupan yang baik untuk meningkatkan kesuburan pria. Hal ini tak bisa dilepaskan dari kandungan vitamin C yang dimilikinya.

Vitamin C pada jeruk terbukti meningkatkan jumlah dan motilitas sperma. Tak hanya itu, kandungan tersebut juga dapat membantu kesehatan sperma secara menyeluruh.

2. Alpukat

Salah satu manfaat alpukat adalah membantu meningkatkan kesuburan pria. Khasiat ini bisa didapat karena buah tersebut kaya vitamin B, terutama asam folat yang baik untuk meningkatkan kesuburan.

Mengutip CNY Fertility, folat cukup penting untuk kesehatan sperma. Mereka bisa berperan dalam spermatogenesis atau perkembangan sel sperma.


3. Delima

Buah delima telah lama dikaitkan dengan kesuburan pria. Pada kandungannya, buah ini kaya antioksidan yang bisa meningkatkan kualitas sperma.

Mengutip Verywell Family, sebuah studi tahun 2014 mengambil penelitian dari 70 pria dewasa yang tidak memiliki sperma cukup sehat. Sekitar tiga bulan berjalan, para pria dewasa diberi perawatan dengan ekstrak buah delima dan bubuk akar lengkuas. Sebagai hasilnya, motilitas sperma telah meningkat sebesar 62 persen.

4. Pisang

Buah yang baik untuk kesuburan pria berikutnya adalah pisang. Pada kandungannya, buah ini punya banyak nutrisi yang diketahui dapat meningkatkan kemampuan tubuh memproduksi sperma sehat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1977 seconds (0.1#10.140)